Penderita Hepatitis A di Pacitan Sudah Mencapai 992 Orang

Penderita Hepatitis A di Pacitan Sudah Mencapai 992 Orang

Pembagian masker dilakukan puluhan relawan peduli Hepatitis A di depan pondok pesantren, pasar tradisional dan sejumlah terminal bus di Pacitan, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (4/7/2019), sedikitnya 20 ribu masker dibagikan secara cuma-cuma.

Tak hanya membagi masker, brosur edukasi pentingnya hidup sehat juga disampaikan kepada santri, pengguna jalan maupun kaum wanita. Tujuannya memutus mata rantai penyebaran virus Hepatitis A.

Hingga kini penderita Hepatitis A di Pacitan sudah mencapai 992 orang. 17 masih dirawat intensif.

"Mudah-mudahan bisa meminimalisir proses terjangkitnya virus hepatitis A kepada masyarakat," ucap relawan peduli Hepatitis A Gatot Nurmanto.

Agar tertangani dengan baik, Dinas Kesehatan Jawa Timur menyatakan kejadian luar biasa Hepatitis A di Pacitan.

"Memang melonjak tinggi sehingga memerlukan kriteria untuk KLB sesuai dengan Permenkes," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur Kohar Hari Santoso.

Menteri Kesehatan Nila Moeleok menyatakan berbagai dugaan penyebab menjangkitnya virus Hepatitis A di Jawa Timur kini tengah diselidiki. Termasuk lewat air sungai yang tercemar.

"Jaga kebersihan, kamu sebelum makan cuci tangan dulu lah, kita juga cek makanan, kalau tercemar kita harus hati-hati juga," ujar Nila Moeloek.

Selain mengecek sanitasi di lingkungan yang warganya terjangkit Hepatitis A, Menkes mengingatkan masyarakat untuk benar-benar menjaga kebersihan.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 04 July 2019, 09:30 WIB

Video Terkait

Spotlights