Sukses

JK Jenguk Risma di RSUD Soetomo Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menjenguk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, yang sedang dirawat intensif karena penyakit maag dan asma di ICU Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jumat (28/6/2019).

JK datang di GBPT RSUD Dr Soetomo Surabaya bersama Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak pukul 15.18 WIB dan disambut Direktur Utama RSUD Dr Soetomo Surabaya dr Joni Wahyuhadi.

Wapres bersama rombongan pergi meninggalkan GBPT RSUD Dr Soetomo pada pukul 15.34 WIB atau 15 menit setelah menjenguk Risma.

"Pak Wapres mendoakan semoga Bu Risma cepat sembuh dan cepat beraktivitas lagi," ujar Joni Wahyuhadi seperti dilansir dari Antara.

Rombongan JK yang datang ditemani sang istri Mufidah Jusuf Kalla, Emil dan isrinya Arumi Bachsin tidak berlangsung lama, hal ini lantaran Risma masih di ICU. Dia mengungkapkan, kondisi Risma saat ini semakin membaik. Ini berdasarkan diagnosa dokter yang menyebut membaiknya fungsi-fungsi organ.

"Perkembangan beliau bagus sekali, jadi fungsi-fungsi organnya cepat membaik. Paru-parunya yang kemarin sempat bermasalah pelan-pelan sudah membaik. Pemeriksaan darah juga menunjukkan perbaikan yang signifikan. Alhamdulillah progresnya terus membaik," tutur dia.

Tim dokter memastikan kondisi terkini Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terus membaik dan stabil.

Bahkan, saat ini Wali Kota dua periode itu sudah bisa berkomunikasi dengan pihak keluarga. Namun, untuk sementara waktu, tim dokter menyarankan agar Wali Kota Risma dijauhkan dari interaksi dan komunikasi, supaya bisa beristirahat.

Selama menjalani perawatan medis di ICU Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSU dr Soetomo, Wali Kota Risma mendapat perawatan secara intensif sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

 

2 dari 3 halaman

Penjelasan Tim Dokter

Kepala Instalasi Rawat Intensif dan Reanimasi, RSU dr Soetomo Surabaya, dr Hardiono, Sp.An KIC KAKV mengatakan, kondisi Wali Kota Risma terus membaik. Bahkan, wali kota perempuan pertama di Surabaya itu sudah bisa berkomunikasi dengan pihak keluarga.

"Sebagian dosis sudah kita turunkan, nah Ibu sudah mulai ada respon, kita pertahankan kestabilan ini," kata dr Hardiono saat jumpa pers di GBPT RSU dr Soetomo, Kamis, 27 Juni 2019.

Ia menjelaskan, semua pasien yang dirawat di ruang ICU GBPT dipasang alat bantu nafas dan penenang agar merasa nyaman. Hal ini dilakukan untuk memantau kondisi kestabilan organ tubuh pasien.

Walaupun kondisi terkini Wali Kota Risma stabil, tetapi pemasangan alat masih dilakukan agar kondisi tubuhnya terus stabil.

"Semua fungsi organ ginjal, jantung, saluran pencernaan bagus, semua kondisinya baik. Kita lihat dari pernafasan, misal alat oksigen yang awalnya 100 persen sekarang 60 persen," dia menerangkan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Jusuf Kalla
  • Tri Rismaharini, sering disapa Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya untuk kedua kalinya pada periode 2016-2021.
    Tri Rismaharini, sering disapa Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya untuk kedua kalinya pada periode 2016-2021.
    Tri Rismaharini
Loading
Artikel Selanjutnya
Jusuf Kalla Lantik Pengurus PMI Periode 2019-2024
Artikel Selanjutnya
PMI Terima Bantuan 10 Truk Air dan 1 Truk Barang dari IFRC