Sukses

Naik Mobil Pawai, Jokowi Bikin Histeris Warga Denpasar

Liputan6.com, Jakarta - Acara pawai Pesta Kesenian Bali ke-41 berlangsung meriah. Acara tahunan Pemprov Bali ini diakhiri dengan pawai oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menaiki kendaraan terbuka.

Berdasarkan pantauan, usai menyaksikan tarian adat Bali, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana dipandu Gubernur I Wayan Koster menaiki mobil pawai. Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda beserta cucu tertuanya Jan Ethes Srinarendra juga ikut naik mobil pawai.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu naik mobil pawai sekitar 200 meter dari lokasi acara di Monumen Perjuangan Rakyat Bali Niti Mandala Reno Kota Denpasar. Sepanjang Jalan Raya Puputan Renon, Jokowi dan Iriana menyapa warga dari atas mobil pawai.

"Pak Jokowi, Pak Jokowi.... Pak Presiden..," teriak warga yang telah menunggu Jokowi di pinggir jalan, Sabtu (15/6/2019).

Teriakan warga dibalas Jokowi dengan lambaian tangan. Mantan Wali Kota Solo itu pun tersenyum semringah melihat warga yang antusias menunggu dirinya dan Iriana. Melihat itu, masyarakat pun semakin berteriak histeris.

Dari atas mobil pawai, Jokowi juga menyempatkan untuk berswafoto bersama Iriana. Tak ketinggalan, dia juga nge-vlog menggunakan ponsel pribadinya.

Sebelumnya, Jokowi resmi membuka pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 di Monumen Perjuangan Rakyat Bali Niti Mandala Reno Kota Denpasar Denpasar. Pembukaaan ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Jokowi.

"Siang hari ini, saya membuka dan melepas pawai Pesta Kesenian Bali yang ke-41 tahun 2019. Matur suksma," kata Jokowi di lokasi, Sabtu (15/6/2019).

 

2 dari 2 halaman

Diikuti Ribuan Seniman

Tahun ini, tema yang diusung adalah Bayu Pramana. Visi tersebut sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Ada 7 agenda utama dalam Pesta Kesenian Bali 2019. Ada pawai, parade, lomba, hingga pagelaran. Ada juga workshop, pameran, dan sarasehan.

Pesta Kesenian Bali 2019 akan diikuti 41 partisipan, 9 kabupaten/kota di Bali, 21 Luar daerah, dan 11 Luar negeri.

Kota Denpasar akan mengirimkan 3.000 seniman. Mereka akan mengikuti 26 materi di Pesta Kesenian Bali. Berbagai persiapan sudah dilakukan, seperti pembinaan Janger Kedaton Sumerta di Banjar Kedator Sumerta, Denpasar Timur. Para seniman asal Pulau Dewata akan menampilkan Tari Janger Kedaton. Tarian ini akan melibatkan 32 penari dan 25 orang penabuh iringan musiknya.

Pesta Kesenian Bali juga jadi media untuk melestarikan budaya. Seperti melestarikan tari Janger Kedaton. Tarian ini sudah ada sejak 1906. Janger Kedaton dikenal juga dengan nama Janger Sesungsungan Krama Banjar Kedaton. Tarian tersebut menjadi salah satu aset dan warisan budaya Denpasar.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Pukul Kentongan, Jokowi Resmi Buka Pesta Kesenian Bali ke-41
Artikel Selanjutnya
Akhir Pekan, Jokowi dan Iriana Ajak Jan Ethes Hadiri Pawai Pesta Kesenian Bali