Sukses

Menko Polhukam Evaluasi Situasi Politik dan Keamanan Usai Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Wiranto hari ini melakukan evaluasi situasi politik, hukum, dan keamanan pasca-Lebaran. Evaluasi dilakukan dalam Rapat Tingkat Menteri tentang Perkembangan Situasi Bidang Polhukam.

Turut hadir Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Kejagung HM Prasetyo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, kepala BIN Budi Gunawan, Kepala BNPT Suhardi Alius.

"Hari ini kita melakukan rapat untuk melakukan evaluasi tentang kegiatan kita, utamanya laporan posko siaga selama melaksanakan kegiatan Lebaran," ucap Wiranto di Jakarta, Senin (10/6/2019).

Dia menegaskan, meskipun arus mudik dan balik, kemudian beberapa kejadian seperti di Buton, dan banjir bandang di Sulawesi Tenggara sudah diatasi dengan baik, semuanya tetap diperlukan evaluasi.

"Kita tetap akan mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan selama persiapan Lebaran, pelaksanaan mudik Lebaran dan kembali dari mudik Lebaran, kita akan evaluasi. Mudah-mudahan tahun-tahun akan datang kita akan kurangi lagi kecelakaan lalu lintas," jelas Wiranto.

 

2 dari 3 halaman

Sisi Politik

Di sisi politik, masih kata dia, pihaknya kembali berkonsentrasi untuk menjaga stabilitas politik keamanan pasca-Lebaran, terutama penyelesaian di Mahkamah Konstitusi (MK).

Wiranto mengapresiasi sikap para kontestan berkomitmen menyelesaikan melalui jalur MK. Dan berharap semuanya tetap konsisten menyepakati hasil akhirnya atau apa yang diputuskan MK nanti.

"Tentu ya kita berharap para kontestan ini tetap konsisten dengan ini. Sehingga nantinya akan menghormati, akan menerima keputusan apapun di persidangan MK. Dengan menerima keputusan itu juga tidak akan memperpanjang permasalahan," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Wiranto Minta Kepolisian Terbuka Soal Penyidikan Kerusuhan 21-22 Mei 2019
Artikel Selanjutnya
Bom Pospol Kartasura Berlanjut? Wiranto: Rasionya Kecil Sekali