Sukses

900 Ribu Lebih Pemudik Menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni

Jumlah penumpang yang menyeberang lewat Pelabuhan Bakauheni akan meningkat pada Minggu (9/6/2019).

Jakarta - Sebanyak 902.678 orang telah menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni Lampung menuju Pelabuhan Merak, Banten hingga Sabtu 8 Juni 2019 atau H+3 Lebaran.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi. Menurutnya, total penumpang tersebut baru memenuhi 22 persen dari yang diperkirakan.

"Jadi, diperkirakan masih 705.765 orang pemudik atau 78 persen lagi yang belum kembali dari Sumatera ke Jawa," kata Ira seperti dilansir dari JawaPos.com, Minggu (9/6/2019).

Ira memprediksi, jumlah penumpang yang menyeberang lewat Pelabuhan Bakauheni akan meningkat, sebab puncak arus balik masih terjadi pada hari ini. 

Adapun dalam arus balik ini kendaraan yang akan menyebrang dari Bakauheni pun masih jauh dari prediksi ASDP. Diketahui, kendaraan roda dua yang menyeberang baru sebanyak 16.506 unit atau 20 persen dari prediksi ASDP yang berada di sekitar 66.779 unit.

Sedangkan kendaraan mini bus atau kendaraan roda empat ke atas atau lebih baru kembali 22 persen atau sebanyak 24.661 unit. Menurut Ira, masih banyak kendaraan yang belum melakukan perjalanan pulang dari Sumatera.

"Roda empat ke atas/lebih masih 78 persen atau sebanyak 85.755 unit lagi yang belum kembali ke Jawa," katanya.

Meski jumlah penumpang dan kendaraan mengalami kenaikan, ASDP memastikan kapasitas muatan kapal yang tersedia sudah memadai. ASDP telah melakukan penyediaan kapasitas muatan kapal 15 persen lebih besar dibandingkan tahun lalu.

"Kami harapkan para pengguna jasa tetap bersabar mengingat volume kendaraan cukup tinggi karena datang bersamaan di akhir pekan ini. Dan untuk mempercepat transaksi pembayaran di tollgate, kami himbau agar menyiapkan e-KTP dan menggunakan kartu elektronik," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.