Sukses

Geliat Arus Balik Lebaran 2019 di Pelabuhan Merak

Liputan6.com, Jakarta - Suasana arus balik Lebaran Idul Fitri 2019 mulai terlihat di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (7/6/2019) malam. Kendaraan mengular sepanjang empat kilometer sejak pintu keluar Pelabuhan Merak menuju Gerbang Tol (GT) Merak.

Kepadatan tersebut tak lepas dari meningkatnya jumlah pemudik yang melalui Pelabuhan Merak-Bakauheni pada Lebaran 2019.

Setidaknya, penumpang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak pada arus balik ini mengalami peningkatan hingga 10 persen dibandingkan tahun lalu di hari yang sama.

"Saat ini merupakan masanya arus balik. Untuk penumpang pejalan kaki yang sudah balik mencapai 10 persen, roda dua 7 persen dan roda empat sudah sekitar 10 persen," kata General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Solikin saat ditemui dikantornya.

Kendaraan terpantau berjalan pelan sejak pintu keluar Pelabuhan Merak menuju GT Merak. Kecepatan laju kendaraan tidak lebih dari sekitar 20 kilometer per jam.

Pelabuhan Merak hanya menerima limpahan pemudik saat arus balik. Puncak arus balik diprediksi terjadi pada Sabtu hingga Minggu, 08-09 Juni 2019.

"Untuk jumlah kapal masih tetap sama, 64 kapal (siap beroperasi) untuk di (Dermaga) reguler, dan sebanyak 5 kapal untuk di dermaga eksekutif," terangnya.

Terlihat bongkar muat kendaraan terjadi di 7 Dermaga Pelabuhan Merak. Sedangkan pemudik pejalan kaki, mulai memadati gang way di Dermaga 1 hingga 3.

"Kita tetap siaga dan terus berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait, seperti pihak BPTD selaku pemegang otoritas daripada jadwal kapal," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: