Sukses

Libur Lebaran, Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan Pekan Depan

Ganjil genap juga tidak diberlakukan selama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan pembatasan kendaraan roda empat dengan sistem ganjil genap di Jakarta akan ditiadakan sementara selama libur Lebaran. Kebijakan itu akan dihapus mulai 1 hingga 9 Juni 2019.

"Mulai tanggal 1 Juni hingga 9 Juni ruas jalan yang dikenakan kebiijakan ganjil genap tidak berlaku. Setelah tanggal itu, ganjil genap kembali diberlakukan,” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Sigit Widjatmoko saat dihubungi Kamis (30/5/2019).

Kebijakan ini terkait Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 155 tahun 2018 yang menyebut ganjil genap tidak diberlakukan pada Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

"Pasal 3 ayat 3 menyebutkan pembatasan lalu lintas dan sistem ganjil genap tidak diberlakukan pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional yang ditetapkan Keputusan Presiden," ujarnya.

Selama ini, sistem ganjil genap bagi kendaraan roda empat berlaku di Jalan Medan Merdeka Barat, MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Gatot Subroto. Titik lain yaitu sebagian Jalan Jenderal S. Parman dari ujung simpang Jalan Tomang Raya hingga Simpang Jalan KS Tubun, Jalan MT Haryono, Jalan HR Rasuna Said, Jalan DI Panjaitan, dan Jalan Ahmad Yani.

Sistem ganjil-genap berlaku Senin-Jumat, mulai pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Car Free Day Ditiadakan

Selain meniadakan ganjil genap selama libur lebaran, Dishub DKI juga meniadakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau car free day di sepanjang jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman pada 2 Juni dan 9 Juni 2019. 

"Pemberhentian sementara dua kebijakan ini sudah melalui izin Gubernur DKI Jakarta,” ucap Sigit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini