Sukses

Ada Ancaman Teror 22 Mei, Bawaslu Yakin TNI-Polri Bisa Jaga Keamanan

Dia menjelaskan, pihak TNI dan Polri selama ini selalu berkoordiasi dengan KPU dan Bawaslu dalam segala proses.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yakin kondisi saat penetapan hasil rekapitulasi suara pemilu pada 22 Mei 2019 akan berjalan dengan aman. Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar yakin, peserta pemilu patuh pada undang-undang yang belaku dan pihak keamanan dalam hal ini TNI dan Polri bisa menjaga keamanan dengan baik.

"Kami percaya bahwa setiap peserta pemilu patuh kepada UU yang berlaku, dan kami juga yakin TNI dan Polri menjaga kemanan ini semua," kata Fridz di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Minggu (19/5/2019).

"Karena ini saya rasa tanggung jawab bukan sekedar tanggung jawab KPU dan bawaslu, ataupun DKPP tapi tanggung jawab peserta pemilu, pemerintah serta masyarakat," lanjut Fridz.

Dia menjelaskan, pihak TNI dan Polri selama ini selalu berkoordiasi dengan KPU dan Bawaslu dalam segala proses. Sehingga, proses akan berjalan aman sampai pengumuman berlangsung.

"Itu memberikan keyakinan kepada kami bahwa proses ini berjalan aman dan tertib, dan bisa diselesaikan dengan aman," ungkap Fridz. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Teroris

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan adanya rencana teroris yang ingin membuat kegaduhan pada 22 Mei 2019.

"Targetnya ada dua. Target pertama itu thogut. Kemudian target kedua pada pada 22 Mei di depan KPU," ujar Dedi di kediaman terduga teroris berinisial E alias AR (51), Naggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (18/5/2019)

Menurut dia, adanya gembar-gembor pergerakan massa ke Jakarta pada 22 Mei 2019 justru menjadi momentum bagi para teroris untuk mencari eksistensi.

"Momentum itu dimanfaatkan oleh kelompok teroris, untuk memberitahukan bahwa kelompok mereka masih eksis," ungkap Dedi.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.