Menteri Susi Tenggelamkan 13 Kapal Asing yang Kedapatan Curi Ikan di Pontianak

Menteri Susi Tenggelamkan 13 Kapal Asing yang Kedapatan Curi Ikan di Pontianak

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali mengawal penenggelaman kapal nelayan asing yang kedapatan mencuri ikan di wilayah perairan laut Indonesia.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (5/5/2019), pemusnahan kapal nelayan asing berbendera Vietnam diawali dengan pembakaran sejumlah barang bukti, seperti pukat harimau dan sejumlah barang bukti lainnya di kantor PSDKP Pontianak, Kalimantan Barat.

Setelah itu, Menteri Susi dan rombongan langsung menuju perairan Pulau Datok, Kabupaten Mempawah, untuk menggenggelamkan 13 kapal. Penenggelaman dilakukan dengan cara memberikan pemberat dan mengisi badan kapal dengan air laut hingga kapal tersebut tenggelam.

Menurut Susi, keterlibatan dirinya dalam penenggelaman kapal untuk mencegah kapal yang sebelumnya telah ditangkap ditemukan kembali tertangkap mencuri ikan di perairan Indonesia.

"Kita sudah tangkap beberapa kali kapal yang ditangkap ini, untuk memastikan ini kita juga ingin bertemu dengan para penegak hukum yang menangani masalah ini," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 26 kapal pencuri ikan berbendera asing rencananya ditenggelamkan di Pontianak. Setelah penenggelaman 13 kapal ini, 13 kapal lainnya akan ditenggelamkan 10 Mei mendatang.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 05 May 2019, 09:13 WIB

Video Terkait

Spotlights