Sukses

Kegiatan Positif Pemkot Bitung di Hari Buruh Internasional

Hari buruh ini mengangkat tema May Day Together We Grow.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional, Pemerintah Kota Bitung bersama Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) berkumpul di lapangan kantor Walikota Bitung, Rabu (1/5). 

Dalam acara itu, Walikota Bitung Maximiliaan J. Lomban didampingi Ketua TP-PKK Khouni Lombam Rawung menyampaikan ucapan peringatan hari buruh untuk seluruh serikat buruh di Bitung. 

"Atas nama pemerintah Kota Bitung saya mengucapkan selamat memperingati Hari Buruh Internasional 2019 yang mengusung tema May Day Together We Grow atau bertumbuh bersama. Terima kasih untuk seluruh pimpinan perusahan Apindo Kota Bitung, serikat pekerja, serikat buruh pengurus mulai dari tingkat dewan pimpinan wilayah (DPW), dewan pimpinan cabang (DPC) sampai ketingkat unit kerja (PUK), para pekerja atau karyawan dari berbagai sektor industri di kota Bitung bahkan masyarakat yang hadir pada saat ini," kata Maximiliaan J. Lomban. 

Maximiliaan menjelaskan latar belakang peringatan hari buruh. Pada 1 Mei ditetapkan sebagai hari perjuangan pekerja sedunia karena mereka terinpirasi oleh kesuksesan aksi buruh di Kanada pada 1872.

Ketika itu, jelas Maximiliaan, para buruh menuntut delapan jam kerja seperti pekerja di Amerika. Tuntutan mereka berhasil. Mengkilas balik sejarah hari buruh di Indonesia yang pertama kali diperingati pada 1920, oleh karena itu, Maximiliaan memberikan apresiasi pada pelaksana yaitu lembaga kerjasama Tripartit Kota Bitung.

"Didalamnya ada unsur pemerintah, unsur organisasi pengusaha atau Apindo dan unsur serikat pekerja atau buruh yang sudah berupaya melaksanakan berbagai aksi sosial. Melalui kegiatan donor darah, pasar murah, dan sosialisasi dari BPJS ketenagakerjaan bagi para pekerja, dengan semangat sportivitas dan produktifitas tinggi untuk meningkatkan sinergitas tinggi bagi para pekerja/ buruh, pengusaha dan pemerintah, memperkuat kebersamaan, dan meningkatkan ketahanan sosial untuk para perja atau buruh."

Dia berharap dengan kegiatan ini, pekerjaan tetap berjalan baik dan memberikan manfaat besar untuk para pekerja atau buruh di Kota Bitung. Dalam acara tersebut, turut hadir PLH Sekretaris Kota Bitung Yoke F Senduk, Asisten II Jeffry Wowiling, dan jajaran SKPD, Kepala cabang pembantu BPJS Ketenagakerjaan Kota Bitung Widhi A Aprilia bersama jajaran, pengusaha dan pimpinan perusahan

 

 

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.