Sukses

Jalur Primadona Pemudik, Polri Maksimalkan Anggota di Pasar Linggapura Brebes

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan penempatan anggota di kawasan Pasar Linggapura, Tonjong, Brebes, Jawa Tengah. Hal itu untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di lokasi tersebut saat arus mudik Lebaran 2019

"Optimalisasi petugas agar pergerakan orang, kendaraan, dan barang lebih baik," ujar Refdi saat meninjau arus mudik Lebaran Idulfitri 2019, Brebes, Jumat (26/4/2019).

Apalagi rute tersebut merupakan jalur primadona bagi sejumlah pemudik. "Kalau kita lihat kepadatannya cukup tinggi, apalagi ini daerah lintasan yang akan digunakan dari Brebes yang ada di Pejagan menuju Yogyakarta dan Purwokerto. Artinya ini menjadi lintasan utama dan jadi lintasan primadona," tuturnya.

Para petugas nantinya akan ditempatkan di sekitar pasar untuk menertibkan aktivitas masyarakat. Selain itu, mereka juga bertugas mengurai kemacetan arus mudik.

Refdi pun mengimbau masyarakat agar turut serta menjaga ketertiban dalam beraktivitas di pasar tersebut, terlebih saat arus mudik dan arus balik Lebaran berlangsung.

"Agar (aktivitas) dagang tetap berjalan tapi tidak sebabkan macet," ucap Refdi.

2 dari 2 halaman

Cikampek dan Lampung Rawan Macet

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, ada beberapa titik di jalur darat yang diprediksi menjadi pusat kemacetan saat arus mudik lebaran tahun ini. Moeldoko menyebut titik pertama yaitu di Tol Jakarta-Cikampek.

"Ada beberapa titik krusial yang perlu diwaspadai. Yang pertama adalah Tol Cikampek, nanti itu sangat mungkin kalau tidak di-manage dari sekarang akan terjadi kemacetan luar biasa," ujar Moeldoko saat memimpin rapat koordinasi persiapan mudik di Kantor Staf Kepresidenan Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Dia mengatakan, Kementerian Perhubungan dan Ditlantas Polri akan memberlakukan sistem jalur lawan arah atau contraflow untuk mengatasi kepadatan kendaraan di Tol Cikampek saat mudik Lebaran. Conftraflow ini akan diterapkan pada waktu-waktu tertentu.

"Nanti akan ada jadwalnya dan akan diumumkan. Jauh-jauh hari akan diumumkan sehingga nanti semua aware dengan situasi yang dihadapi, ada jadwalnya," Moeldoko menjelaskan.

Titik rawan macet yang kedua yaitu, pintu keluar Tol Lampung. Moeldoko memastikan Ditjen Hubungan Datat Kemenhub telah menyiapkan sejumlah skenario untuk mengantisipasi kemacetan saat mudik Lebaran.

"Mungkin nanti exit-nya itu akan ada kemacetan. Itu harus harus kita waspadai. (Tol Sumatera) itu yang menjadi atensi," tutur Moeldoko. 2 dari 2 halaman

Loading