Sukses

Korlantas Polri Mulai Tinjau Jalur Mudik Non-Tol Jawa

Liputan6.com, Jakarta - Tim Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mulai meninjau jalur mudik Lebaran Idulfitri 2019 di Jawa. Peninjauan yang dipimpin Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri ini difokuskan pada jalur non-tol.

"Ini survei awal yang kami lakukan untuk jalan non tol Pantura dan jalur selatan," kata Irjen Refdi di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (25/4/2019) seperti dilansir dari Antara.

Refdi menuturkan, peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan jalur non-tol bagi para pemudik nanti. Nantinya Polri akan menginformasikan kepada masyarakat tentang kondisi jalanan, infrastruktur penunjang, hingga estimasi waktu tempuh pada jalur non-tol.

"Sehingga ada suatu ketertarikan bagi masyarakat, bukan hanya ketertarikan pada ruas tol tetapi ruas non-tol ini juga menjadi penting," tuturnya.

Survei jalur mudik lebaran ini akan dilakukan selama tiga hari mulai Kamis hingga Sabtu 27 April mendatang. Hari ini, survei dimulai dari jalan arteri Kalimalang-Bekasi-Cikampek. Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan ke Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon.

 

2 dari 3 halaman

Tinjau Titik Rawan

Esoknya, tim akan meninjau jalur Pantura di wilayah Jawa Tengah, mulai dari Pejagan Brebes-Bumiayu-Purwokerto. Kemudian menyusuri jalan-jalan arteri di Purwokerto, Cilacap, Banjar dan Tasikmalaya, termasuk meninjau titik-titik kerawanan di jalur mudik.

"Akan ditinjau Terminal Bus Harjamukti Cirebon, Pasar Mundu Cirebon, Pasar Gebang Kabupaten Cirebon, Pasar Bulukumba Brebes, perlintasan kereta api sebidang Pejagan, Pasar Linggapura Brebes, Tikungan Z Tonjong, dan underpass Karang Sawah," kata Refdi.

Selanjutnya, Refdi menambahkan, tim akan menuju ke Garut-Cileunyi-Bandung. "Obyek yang ditinjau beberapa perlintasan kereta api sebidang ruas Tasikmalaya-Ciawi, Tanjakan Gentong, Lingkar Gentong, Simpang Malangbong, Pasar Lewo, Pasar Limbangan, Simpang Ciherang Nagrek, Kahatek dan Simpang Cileunyi," ucapnya.

Hasil peninjauan jalur ini akan dibahas Kakorlantas bersama jajaran Polda Jawa Barat dan Polda Jawa Tengah untuk menyusun rencana operasi pengamanan arus mudik Lebaran Idulfitri 2019.

"Titik-titik rawan yang menjadi kerawanan di tahun 2018 dan yang menjadi kerawanan pada saat (arus mudik) Natal dan Tahun Baru ini juga menjadi penting untuk kita lakukan evaluasi," kata Refdi.

Nantinya, Korlantas Polri juga akan meninjau jalur mudik di ruas tol Trans-Jawa dan Trans-Sumatera.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bakal Berbentuk Kartu, Ini Kelebihan STNK Elektronik Dibanding Konvensional
Artikel Selanjutnya
Studi ke Australia, Korlantas Polri Pelajari Sistem Keselamatan Mengemudi