Sukses

Pesan Jokowi - Ma'ruf dan Prabowo - Sandi Saat Hari Kartini

Liputan6.com, Jakarta Selamat Hari Kartini untuk perempuan-perempuan Indonesia, para ibu bangsa. Hal ini diucapkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi lewat akun media sosialnya, pada Minggu, 21 April 2019.

Tidak hanya lewat Twitter, ucapan tersebut juga diunggah Jokowi di akun Instagramnya. Di sana tertulis:

"Untuk perempuan-perempuan Indonesia, para ibu bangsa: mari terus menggelorakan semangat juang Ibu Kartini," kata Jokowi.

Unggahan tersebut disertai gambar ilustrasi sosok Ibu Kartini yang tengah membuka buku dengan deretan perempuan yang duduk bersimpuh di hadapannya.

Di sana tertulis pula salah satu kutipan RA Kartini, Habis Gelap Terbitlah Terang yang disusul dengan ucapan "Selamat Hari Kartini" dari Presiden Joko Widodo.

Selain Jokowi, pendampingnya Ma'ruf Amin, Prabowo Subianto dan Sandiaga juga mengucapkan selamat Hari Kartini kepada para perempuan Indonesia.

Berikut kata-kata mereka:

2 dari 6 halaman

Jokowi

Presiden Jokowi melalui akun Twitternya @jokowi menyampaikan ucapan Selamat Hari Kartini untuk perempuan-perempuan Indonesia, para ibu bangsa.

 

"Mari terus menggelorakan semangat juang Ibu Kartini," kata Jokowi dalam cuitan yang diunggah Minggu pukul 08.11 WIB.

Semangat juang yang Jokowi maksud adalah semangat juang untuk membangun keluarga, masyarakat, bangsa, dan memajukan generasi penerus.

Hingga, Minggu, 21 April kemarin, unggahan Jokowi telah mendapat like dari 1 juta lebih warganet yang mengunjungi Instagramnya. Sementara, di akun Twitternya tercatat,pada hari ini, Senin (22/4/2019) telah disukai oleh 25 ribu lebih warganet.

3 dari 6 halaman

Ma'ruf Amin

Sementara itu, pesan khusus juga diucapkan cawapres Jokowi, Ma'ruf Amin di Instagramnya @khmarufamin.

 

Bismillahirraahmanirrahiim. Kartini bukan semata pejuang emansipasi. Beliau adalah sosok yang mendorong anak bangsa semakin sadar akan peran pendidikan dan literasi. . Kesempatan memperoleh pendidikan tidak hanya untuk kaum lelaki saja. Demikian juga pendidikan agama hingga Kartini sendiri mengejar Kiai Sholeh Darat untuk belajar Al-Qur’an. Kartini juga salah satu sosok yang mendorong diterjemahkannya Al-Qur’an ke dalam bahasa Jawa, sehingga semakin banyak yang bisa memahami kandungan Al-Qur’an. Kiai Sholeh memenuhi permintaan Kartini dengan menerjemahkan Surah Al Fatihah hingga Surah Ibrahim sebelum beliau wafat. . “Minazzulumati Ilan Nuur" Merupakan potongan ayat 257 dalam Surah al Baqarah yang kemudian diabadikan sebagai "Habis Gelap Terbitlah Terang". . #SelamatHariKartini #HariKartini #KartiniDay #Pejuang #Literasi #Pendidikan #Agama #Bahasa #Jawa #Kandungan #Kiai #Wafat #HabisGelapTerbitlahTerang #OptimisIndonesiaMaju

A post shared by K.H. Ma'ruf Amin (@khmarufamin_) on

 

"Bismillahirraahmanirrahiim. Kartini bukan semata pejuang emansipasi. Beliau adalah sosok yang mendorong anak bangsa semakin sadar akan peran pendidikan dan literasi," tulis Ma’ruf, Minggu (21/9/2019).

Lebih lanjut dia berkata,"Kesempatan memperoleh pendidikan tidak hanya untuk kaum lelaki saja. Demikian juga pendidikan agama hingga Kartini sendiri mengejar Kiai Sholeh Darat untuk belajar Al-Qur’an."

Bagi Ma'ruf Amin, sosok Kartini juga yang mendorong diterjemahkannya Al-Qur’an ke dalam bahasa Jawa, sehingga semakin banyak yang bisa memahami kandungan Al-Qur’an. Kiai Sholeh memenuhi permintaan Kartini dengan menerjemahkan Surah Al Fatihah hingga Surah Ibrahim sebelum beliau wafat.

4 dari 6 halaman

Prabowo Subianto

Tepat di Hari Kartini yang jatuh pada Minggu, 21 April kemarin, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto sempat mengunggah salah satu kutipan dari RA Kartini lewat instastorinya. 

"Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena selangkah lagi untuk menang. Terkadang kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu."

Di bawah kutipan ini, Prabowo mengucapkan "Selamat Hari Kartini 21 April."

5 dari 6 halaman

Sandiaga

Sementara cawapresnya Sandiaga Uno mengucapkan selamat Hari Kartini lewat akun Facebooknya Sandiaga Salahuddin Uno.

Sejak diunggah pada Minggu,21 April, pukul 13.58 WIB, tercatat telah lebih dari 3 ribu komentar memenuhi media sosialnya.

Di sana tertulis, bahwa mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini juga mengaku bangga bisa berjuang bersama perempuan-perempuan hebat Indonesia. 

"Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan kuat, perempuan mandiri yang ikut menopang ekonomi rumah tangga. Saya bangga bisa berjuang bersama perempuan-perempuan hebat. Teruslah bersemangat dalam mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur," kata Sandi yang kemudian diakhiri dengan tanda pagar #HariKartini.  

 

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ma'ruf Amin: FKUB Dibangun untuk Jaga Kerukunan Nasional
Artikel Selanjutnya
Ma'ruf Amin: Agama Sering Dimanipulasi untuk Kepentingan Duniawi