Sukses

Sejumlah Lembaga Survei Gelar Ekspos Data Hasil Quick Count

Fokus, Jakarta - Diwadahi oleh Perhimpunan Survei Opini Publik atau Persepi, sejumlah lembaga survei pada hari Sabtu kemarin menggelar ekspos data hasil quick count.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (21/4/2019), lembaga yang hadir di antaranya Charta Politika, Saiful Mujani Research and Conlsulting atau SMRC, Indikator, Cyrus Network, Indo Barometer, Konsepindo, Populi Center, dan Poltracking.

Ketua Umum Persepi Philips J. Vermonte menyampaikan secara tegas seluruh lembaga survei tidak pernah menyatakan quick count adalah hasil resmi.

"Kami tentu saja menghargai bahwa keputusan akhir ada di KPU, kita tidak pernah menyatakan hasil quick count dan exit poll adalah hasil resmi," ujar Ketua Persepi Philips J. Vermonte.

Yunarto Wijaya Direktur Eksekutif Charta Politica menyampaikan isu penggiringan opini bahwa KPU (Komisi Pemilihan Umum) pada akhirnya akan menyamakan perhitungannya dengan quick count adalah tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Kami sangat berharap semua pihak yang sudah berani menyebutkan angka di hadapan publik, siapapun itu kami imbau untuk melakukan keterbukaan informasi sehingga publik tidak bingung dengan klaim masing-masing pihak," jelas Direktur Eksekutif Charta Politica Yunarto Wijaya.

Persepi meminta kepada masyarakat dan elit politik agar paham perbedaan survey, exit poll, dan quick count. Untuk survey dan exit poll biasa dilakukan sebelum perhitungan pemilu dan bentuknya menjadi opini. Sementara, quick count menggunakan sampel data hasil perhitungan dari TPS dan menggunakan metodologi ilmiah.