Sukses

Kalahkan Negara Modern, TNI AD Kembali Juarai Lomba Tembak AASAM

TNI AD kembali menjuarai lomba tembak antar negara, Australian Army Skill At Arms Meeting (AASAM) 2019.

Liputan6.com, Jakarta TNI Angkatan Darat (AD) kembali menjuarai lomba tembak antar negara, Australian Army Skill At Arms Meeting (AASAM) 2019. Ini kali kedua belas TNI AD menjuarai ajang lomba tahunan tersebut.

"Yang dicapai Kontingen TNI AD di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia ini bukan hanya prestasi untuk TNI AD atau TNI semata, namun juga prestasi untuk rakyat dan bangsa Indonesia," ujar Kadispenad Brigjen Candra Wijaya dalam keterangan persnya, di Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Candra mengatakan, pencapaian ini sesuai dengan harapan KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Menurut dia, dalam perhelatan AASAM yang dilaksanakan mulai tanggal 26 Maret hingga 2 April 2019, TNI AD mampu mengalahkan negara-negara yang memiliki persenjataan modern seperti Amerika, Inggris, Perancis, hingga tuan rumah Australia.

"Kali ini kita kembali menjadi juara umum dengan menorehkan 21 emas, 14 perak, dan 10 perunggu. Ini menyisihkan 20 negara peserta lainnya," ujar Candra.

Namun, tahun ini perolehan medali kontingen TNI AD mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2018 yang merebut 38 medali emas, 18 perak dan 13 perunggu.

"Capaian kali ini bukanlah penurunan (prestasi), tapi menunjukkan bahwa ajang ini sangat kompetitif atau kontingen telah menunjukkan performance yang terbaiknya," tegas Candra Wijaya.

Lebih lanjut Candra Wijaya mengungkapkan, dari 20 orang petembak terbaik yang mengikuti Match Championship 104, lima orang diantaranya adalah petembak TNI AD.

"Ini sangat membanggakan, ketiga petembak kita, Sertu Woli, Sertu Misran dan Kopda Arifin merebut semua kategori juara 1, 2 dan 3 pada Match Championship 104," tegas Candra.

 

PT Pindad Persero

Selain dari kemampuan para petembak, Candra Wijaya juga menyampaikan bahwa torehan prestasi ini sekaligus menunjukkan senjata produksi dalam negeri, dalam hal Ini PT Pindad Persero yang sangat luar biasa dan andal.

"Sekali lagi, prestasi para petembak TNI AD di AASAM 2019, dipersembahkan sebagai kehormatan serta kebanggaan rakyat dan bangsa Indonesia" pungkas Candra.

Adapun peraih sepuluh besar klasemen lomba AASAM 2019 setelah Indonesia yaitu Australia, Malaysia, Selandia Baru, Korea, Amerika Serikat, Perancis, Canada, Jepang dan Vietnam, sedangkan negara peserta yang tidak hadir yaitu Irak, Filipina dan Singapura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.