Sukses

Kampoeng Baca Tingkatkan Mutu SDM Muda Kota Tangerang

Intip Kampoeng Baca Rawa Bokor Kota Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta Kampoeng Baca Tangerang telah berubah dari tempat yang kumuh dan becek menjadi bersih, rapi, asri, serta dilengkapi sarana pendidikan informal dan perpustakaan. Terletak di Rawa Bokor, Kecamatan Benda, Kampoeng Baca menggabungkan dua gagasan, yakni meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) dan mewujudkan kampung tematik ramah lingkungan.

Kampoeng Baca diinisiasi oleh putra asli Rawa Bokor lulusan Jerman bernama Abdurrohman. Di bawah binaannya, Kampoeng Baca terus memberikan pendidikan kepada kaum muda dan anak-anak guna menanamkan mental dan semangat untuk maju. Disertai dukungan seluruh RT di lingkungan RW 10, Abdurrohman turut melibatkan masyarakat sekitar untuk mengembangkan Kampoeng Baca.

Pendidikan di Kampoeng Baca semua serba gratis. Saat ini, di Kampoeng Baca digelar kursus komputer bagi anak-anak, muhadhoroh atau ceramah agama, dan PAUD gratis. Koleksi buku bacaannya sudah tersedia sebanyak 2000 buku.

"Ke depan, akan turut dikembangkan juga kampung baca digital berbasis internet," ucap Koordinator Kampoeng Baca, Iren Muhajirin.

Sementara itu, Lurah Benda, Thoat Maulana, menjelaskan bahwa pihaknya sangat mendukung pewujudan gagasan Abdurrohman yang mengedepankan pendidikan. Kampoeng Baca, menanamkan mentalitas dan membentuk manusia yang mampu berdaya saing.

Ia mengatakan, SDM di wilayahnya masih perlu ditingkatkan. Menurut Thoat, penanaman karakter dan mental dibarengi pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus diimplementasikan sejak dini.

Kampoeng Baca juga tengah merintis pengembangan pesantren wirausaha dengan sasaran anak muda. Mereka akan ditanamkan mental dan pengetahuan mengenai kewirausahaan.

"Dengan adanya kampung tematik dan Kampoeng Baca di lingkungan RT 01 / 10, diharapkan dapat menyebar ke wilayah lain. Insya Allah, bisa diikuti oleh para RT dan RW di seluruh Kelurahan Benda," kata Thoat.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini