Sukses

Lantik Rektor Baru, Menristekdikti Berikan Target Khusus

Mohamad Nasir melantik dua rektor universitas negeri dan tiga direktur politeknik negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir melantik dua rektor universitas negeri dan tiga direktur politeknik negeri. Menteri Nasir pun memberi target kepada setiap pimpinan baru tersebut.

Nasir menyampaikan, target untuk universitas berbeda dengan politeknik. Target bagi universitas berfokus pada peningkatan kinerja dan akreditasi akademik.

"Khususnya yang universitas, harus kita tingkatkan kualitasnya. Sekarang program studi di lingkungan perguruan tinggi yang Saudara pimpin, berapa yang sudah akreditasi A, akreditasi B, akreditasi C. Maka, yang C harus ditingkatkan menjadi akreditasi B, kalau bisa lompat menjadi A. Demikian yang B, menjadi A. Yang A bagaimana masuk ke akreditasi internasional," kata Nasir saat Pelantikan Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kemenristekdikti di Auditorium Lantai 2 Gedung D Kemenristekdikti pada Rabu (6/3/2019).

Sedangkan, untuk politeknik, Kemenristekdikti memberikan target berkaitan dengan sertifikat kompetensi yang dimiliki dosen dan mahasiswa.

"Politeknik harus demikian pula, berapa sertifikasi yang telah dihasilkan oleh para lulusan. Ini yang sangat penting. Para dosen yang ada apakah sudah memiliki sertifikat kompetensi pada bidangnya. Kalau belum, mereka harus mengajukan, meningkatkan sertifikat kompetensinya. Ke depan kami akan buat aturan, kalau memang dosen tidak memiliki sertifikat kompetensi, maaf mungkin tidak bisa melanjutkan proses pembelajaran berikutnya, mungkin akan kami pindahkan ke lab saja, tidak usah mengajar," papar Menristekdikti.

Kemenristekdikti akan mengawasi secara periodik kepada pemimpin perguruan tinggi negeri (PTN) tersebut agar dapat mencapai target sesuai jenis perguruan tingginya.

"Bisa kami lakukan evaluasi setiap triwulan, setiap semester, dan setiap tahun, bagaimana kinerja yang telah dilakukan oleh para pimpinan tersebut. Apakah sesuai dengan target yang ditetapkan, sesuai dengan apa yang direncanakan?" ucap dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pimpinan yang Dilantik

Para pimpinan PTN yang dilantik oleh Menristekdikti berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan pada 5 Maret 2019 adalah:

1.Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP. diangkat menjadi Rektor Universitas Tadulako (Untad) periode 2019 - 2023;

2. Ir. Arnoldus Klau Berek, M.P., Ph.D. diangkat menjadi Rektor Universitas Timor (Unimor) periode 2019 – 2023;

3. Joni Riadi, SST., MT. diangkat menjadi Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin periode 2019 - 2023;

4. Saiful Anwar, S.TP, MP. diangkat sebagai Direktur Politeknik Negeri Jember (Polije) periode 2019 - 2023;

5. Ir. H. Muhammad Toasin Asha, M.Si. diangkat sebagai Direktur Politeknik Negeri Pontianak periode 2019 - 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.