Sukses

Polri Sebut Berhasil Kuasai Kembali Lahan yang Direbut KKB Papua

Rudy mengakui masih memiliki kendala karena belum mampu melumpuhkan KKB seluruhnya.

Liputan6.com, Jakarta - Asops Kapolri Irjen Rudy Sufahriadi menyatakan, Operasi Nemangkawi di Papua terus mengejar Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB. Menurut mantan Kepala Korps Brimob ini, sudah cukup banyak hasil yang dicapai, seperti merebut kembali lahan yang sebelumnya dikuasai KKB.

"Hasil dicapai cukup banyak, wilayah yang selama ini dikuasi KKB sudah kita kuasai kembali," beber Rudy di Mabes Polri, Jakarta, Senin (4/3/2019).

Meski demikian, Rudy mengakui masih memiliki kendala karena belum mampu melumpuhkan KKB seluruhnya.

Karenanya, masih terus dilakukan pengejaran lewat Operasi Nemangkawi yang dibesut langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada 2018.

"Memang kami belum menangkap banyak KKB tapi sedang dilakukan pengejaran-pengejaran, itu lewat Operasi Nemangkawi di Papua," beber Rudy.

Selain lewat Operasi Nemangkawi, Polri terus menstabilkan kondisi di Papua dengan hadirnya Program Binmas Noken, lewat jalur fisik dan non fisik, seperti pembangunan infrastuktur dan program pemberdayaan masyarakat lokal yang mengedukasi dalam hal bercocok tanam dan beternak.

"Jadi Binmas Noken juga hal yang kami lakukan di lingkungan masyarakat Papua (Selain Ops Nemangkawi)," Rudy menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.