Sukses

Bagi-Bagi KIP hingga Panen Raya Jadi Agenda Jokowi di Gorontalo

Liputan6.com, Gorontalo - Kedatangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi disambut gembira oleh warga dan pedagang di Pasar Sentra Gorontalo, Jumat pagi, 1 Maret. Jokowi datang ke pasar ini untuk menyalurkan kredit ultra mikro kepada para pedagang kecil di Provinsi Gorontalo.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (2/3/2019), kredit ini ditawarkan dengan nilai di bawah Rp 10 juta rupiah. Dengan kredit tersebut, diharapkan dapat meningkatkan usaha para pedagang.

Jokowi lalu melanjutkan kunjungan kerjanya di Gorontalo dengan menghadiri panen raya jagung di Motilango, Tibawa. Dia pun sempat mengunjungi ladang jagung dan menyaksikan proses panen dan pembersihan kulit jagung dari pohon.

Menurut Presiden Jokowi, bila 4 tahun lalu impor jagung mencapai 3,5 juta ton, tahun 2018 Indonesia hanya mengimpor hanya 180 ribu ton jagung karena sudah bisa disuplai dari produksi para petani jagung.

"Tahun kemarin ada import, itu untuk menjaga saja. Kalau permintaan jagung di pasar Internasional masih banyak, yang penting harga kita kompetitif, kualitas mesti harus baik," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi mengakhiri kunjungan kerjanya di Gorontalo dengan membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 4 ribu siswa SD, SMP, dan SMA.

Saat ini, penerima KIP di Provinsi Gorontalo lebih dari 80 ribu siswa dengan nilai total Rp 41 miliar. Dana KIP bisa digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan sekolah, seperti seragam, tas, hingga sepatu. (Rio Audhitama Sihombing)