Sukses

Kobaran Api Kembali Muncul dari 3 Bangkai Kapal di Muara Baru

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat padam, kobaran api kembali muncul di tiga bangkai kapal nelayan yang terbakar di Dermaga Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.   

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (24/2/2019), kepulan asap tebal disertai kobaran api kembali muncul di bangkai kapal. Sedikitnya tiga titik api kembali muncul tak jauh dari titik awal kebakaran.

Warga dan nelayan yang berada di lokasi panik dan langsung berusaha menyingkirkan barang yang mudah terbakar. Api berhasil dipadamkan setelah petugas berjibaku selama setengah jam.  

“Api sempat dinyatakan padam tapi volume solar ada banyak,” ujar Kasie OPS Sudin Damkar Jakarta Utara Putut Jatmiko.  

Sejumlah bangkai kapal nelayan yang terbakar masih bersandar di dermaga. Ceceran bahan bakar minyak berupa solar masih mengapung di perairan. Hal ini dimanfaatkan warga untuk mengais solar yang tercecer dan dijual kembali.  

“Saya peras solar bekas. Masih bisa dipakai untuk pembakaran. Seliternya dijual Rp 10 ribu,” ujar Maslun, salah satu warga.

Sebelumnya, kebakaran menghanguskan 20 kapal nelayan yang tengah bersandar di Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu sore, 23 Februari.

Dugaan sementara kebakaran akibat percikan api dari pekerjaan las yang mengenai bagian listrik mesin saat memperbaiki pondasi mesin pompa di dek Kapal Motor Artamina Jaya. (Karlina Sintia Dewi)