Sukses

Inovatif, Miniatur Tokoh Budaya Berbahan Dasar Koran Bekas

Liputan6.com, Cirebon - Seorang pengrajin di Cirebon, Jawa Barat, membuat minatur tokoh budaya Indonesia dengan bahan dasar koran bekas. Selain ramah lingkungan, miniatur koran dinilai lebih kuat dan tahan lama dibandingkan yang terbuat dari tanah liat.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (23/2/2019), Deni Roza pengrajin patung dari Sangar Sinau Art, di Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat, awalnya membuat miniatur dari tanah liat.

Namun, miniatur tanah liat cepat pecah apabila jatuh. Oleh karena itu, Deni mencoba cari bahan dasar lain. Banyaknya sampah koran di lingkungan sekitar, menginspirasi dirinya untuk membuat patung dari koran bekas.

Cara membuatnya dimulai dari pembuatan kerangka dengan besi bonsai. Kemudian kertas yang sebelumnya sudah dipotong-potong disatukan dan tempelkan pada tulang besi untuk membentuk badan miniatur. Selanjutnya miniatur yang sudah terbentuk diwarnai dengan cat akrilik anti air.  

“Pembuatannya sehari bisa dua karakter. Setengah hari untuk pembuatan kerangka, sisanya untuk pengecatan,” ujar Deni Roza.  

Minatur dijual dengan harga sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu. Kebanyakan miniatur dipesan oleh komunitas dan pemilik cafe. Pesanan bukan hanya datang dari berbagai kota di dalam negeri saja, tetapi sudah ada dari negara lain seperti Malaysia dan India. (Karlina Sintia Dewi)