Sukses

Prodi Seni dan Olahraga di SNMPTN 2019 Wajib Sertakan Portofolio, Ini Syaratnya

Liputan6.com, Jakarta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah resmi dibuka. Hal ini berdasarkan surat edaran dari Lembaga Tes Perguruan Tinggi (LTMPT) bernomor 02./Peng.LTMPT/2019 yang diterbitkan pada Jumat (15/2/2019).

Masa pendaftaran dan finalisasi SNMPTN 2019 sempat diperpanjang sampai tanggal Sabtu 16 Februari 2019 dan kembali diperpanjang menjadi Selasa 19 Februari 2019 pukul 22.00 WIB.

Namun, ada syarat khusus bagi pelamar program studi bidang seni dan olahraga SNMPTN 2019. Peserta wajib mengunggah portofolio sebagai materi tambahan untuk proses seleksi dalam SNMPTN 2019 seperti Liputan6.com dikutip dari laman snmptn.ac.id, Sabtu (16/2/2019). Portofolio di sini adalah dokumentasi kumpulan karya dan atau penampilan (performance) siswa dalam bidang seni atau olahraga.

2 dari 6 halaman

Syarat yang Harus Dipenuhi SNMPTN 2019

Portofolio peserta hanya berlaku untuk 1 (satu) kali masa keikutsertaan dalam SNMPTN dan atau SBMPTN tahun 2019.

Isi portofolio merupakan kombinasi antara dokumentasi karya/penampilan yang khusus dibuat oleh peserta sesuai dengan instruksi tema/soal untuk setiap bidang dan dokumentasi karya/penampilan yang telah dimiliki atau dibuat sebelumnya oleh peserta semasa mengikuti pendidikan menengah.

Karya dan atau penampilan tersebut merupakan dokumen yang merepresentasikan kemampuan terbaik siswa sesuai bidang seni atau olahraga yang dipilihnya.

3 dari 6 halaman

Program Studi yang Wajib Memiliki Portofolio di SNMPTN 2019

Program studi yang wajib memiliki portofolio pun beragam.Bidang seni terdiri dari Seni Rupa, Seni Murni, Kriya, Seni Musik, Musik, Tari, Seni Pertunjukan, Teater, Fotografi, Film dan Televisi, Seni Karawitan, Etnomusikologi, Sendratasik.

Sedangkan program kependidikan dalam bidang seni seperti Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Musik, Pendidikan Tari, Pendidikan Sendratasik, Pendidikan Seni Pertunjukan, dan atau Pendidikan Kriya. Selain itu ada Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk atau Desain Produk Industri.

Bidang olahraga terdiri dari Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, dan Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

4 dari 6 halaman

Batas Waktu Pengumpulan SNMPTN 2019

Pengunggahan dokumen portofolio peserta SNMPTN dilaksanakan bersamaan dengan pendaftaran SNMPTN tahun 2019. Waktu pengumpulan portofolionya yaitu tanggal 4-24 Februari 2019, melalui laman snmptn.ac.id. Sedangkan pengunggahan portofolio peserta SBMPTN dilaksanakan bersamaan dengan pendaftaran SBMPTN 2019 yaitu tanggal 10-24 Juni 2019.

5 dari 6 halaman

Portofolio Bisa Digunakan di SNMPTN 2019 dan SBMPTN 2019

Peserta yang telah mengunggah portofolio untuk kepentingan proses seleksi dalam SNMPTN 2019, apabila dinyatakan tidak lulus dapat menggunakan portofolio yang sudah diunggahnya tersebut. Tentu saja portofolio tersebut apa adanya atau tanpa perubahan untuk mengikuti proses seleksi SBMPTN 2019 asalkan isinya sesuai dengan persyaratan kelompok portofolio program studi pilihannya.

6 dari 6 halaman

Peserta yang Lulus SNMPTN 2019 Wajib Membawa Bukti Karya

Peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019 untuk pilihan program studi dalam bidang seni atau olahraga, wajib membawa dan menunjukkan karya atau file asli sesuai isi portofolio yang telah diunggahnya. Tim PTN tujuan akan melakukan proses verifikasi atas kebenaran dan keabsahan portofolio peserta.

Apabila dalam proses verifikasi ditemukan unsur kecurangan dan ketidakjujuran terkait isi portofolionya, peserta yang bersangkutan dapat dibatalkan kelulusannya.

Informasi mengenai isi dan format portofolio untuk setiap bidang seni dan olahraga disampaikan melalui laman SNMPTN 2019. Peserta wajib membaca ketentuan kelompok portofolio yang dipersyaratkan oleh program studi pilihannya di laman PTN tujuan.

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Komentar Netizen Soal Hamish ke Mana Saat Raisa Lahiran Ini Kocak Parah
Artikel Selanjutnya
Kirim Pesan WhatsApp Bisa Diatur Waktunya, Ini Caranya