Melihat Proses Budidaya Lebah Madu di Jember

Melihat Proses Budidaya Lebah Madu di Jember

Madu asli dengan segala manfaatnya banyak diburu sebagai suplemen dan obat. Peluang inilah yang kemudian dimanfaatkan sejumlah warga sebuah kampung di Jember, Jawa Timur, untuk mendirikan peternakan lebah madu.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (9/2/2019), salah satu peternakan madu ada di Kebon Agung, Kecamatan Kaliwates, Jember.

Boks berupa kotak kayu merupakan kandang tempat koloni lebah pekerja bersarang dan memproduksi madu. Masing-masing boks dihuni ratusan ekor lebah penghasil madu.

Untuk perawatannya, lebah perlu diberi makan berupa air gula. Peternak menghabiskan sekitar 7 kilogram gula per hari untuk 50 boks kandang. Pakan air gula diberikan setiap malam agar lebah lebih berstamina saat bekerja mencari sari bunga keesokan harinya.

Beternak lebah madu baiknya dilakukan di area dekat perkebunan agar memudahkan lebah untuk mencari sari tanaman yang kemudian bisa menjadi madu.

Panen madu bisa dilakukan 15 hari sekali. Untuk setiap boks dapat menghasilkan hingga 2,5 kilogram sarang madu, yang dijual dengan harga sekitar Rp 500 ribu per kilogram. Dalam sebulan, peternak bisa mendapatkan omzet hingga puluhan juta rupiah. (Karlina Sintia Dewi)

Ringkasan

Oleh Muhammad Ali pada 09 February 2019, 14:43 WIB

Video Terkait

Spotlights