Sukses

Puncak Musim Hujan Awal Februari, Jakarta Terancam Banjir Jika...

Menurut BMKG, masyarakat harus bersiap akan kemungkinan untuk daerah banjir di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak hujan akan terjadi di Jakarta pada 10 hari pertama di bulan Februari 2019. Namun begitu, BMKG belum dapat menjelaskan secara detail terkait waktunya.

"Jadi kita akan was-was nanti sekitar bulan Februari pada tanggl 1 sampai 10. Kapannya, jam berapanya, tinggal tunggu informasi BMKG. Karena ada jangka panjang, jangka menengah, dan jam-jaman dari BMKG,” ujar Pakar Hidrometeorologi, Armi Susandi di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (31/1/2018).

Menurutnya, masyarakat harus bersiap akan kemungkinan untuk daerah banjir di Jakarta. Yaitu, dari wilayah selatan hingga utara.

Ia mengatakan, kemungkinan akan ada banjir kiriman yang kemudian ditambah oleh kejadian bulan purnama di wilayah utara.

“Kita harapkan kombinasi ini tidak terjadi. Kalau kombinasi ini terjadi, bulan purnama air pasang, lalu ada kiriman dari Bogor, dan hujan Jakarta, dalam waktu kurang dari enam jam ketiga-tiganya maka Jakarta akan terendam,” jelas Armi.

“Tapi kalau salah satunya saja terjadi, tidak sekaligus, maka akan menjadi banjir sesaat. Itu kesepakatan kita untuk persiapan BPBD di Jakarta,” tandasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.