Sukses

Influencer Berfoto Injak Bangku MRT, Anies Ingatkan Etika

Anies mengimbau masyarakat tak meniru tindakan seperti itu.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara mengenai insiden influencer yang berfoto sambil menginjak kursi kereta Ratangga MRT. Anies menilai perbuatan tersebut kurang sopan.

"Kalau naik ke kursi itu salah dan setahu saya mereka sudah minta maaf," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (30/1/2019).

Karena kejadian itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengimbau masyarakat untuk tidak meniru atlet peraih emas di Asian Games 2018.

Anies mengatakan fungsi keberadaan MRT Jakarta adalah untuk mengubah masyarakat beralih ke kebiasaan baru dalam bertransportasi. Sepeti halnya tertib waktu, tertib di dalam kereta, hingga antrean pengguna.

"Yang gitu itu enggak usah pakai aturan tertulis (larangan menginjak bangku). Itu kepatutan, itu etika, sebenarnya paling tinggi itu etika, bawahnya baru hukum," jelas Anies.

Sebelumya, salah satu influencer berfoto dengan pose menginjak kursi kereta Ratangga MRT dan foto itu pun langsung viral di media sosial. Foto terbaru diabadikan pada Senin, 28 Januari 2019.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atlet Peraih Emas Minta Maaf

Setelah foto itu viral di media sosial, Aqsa Aswar atlet peraih emas di Asian Games 2018 tersebut langsung meminta maaf melalui akun Instagram miliknya @aqsaaswar.

"Saya minta maaf atas keresahan yang terjadi karena foto saya di kunjungan MRT. Sebelumnya saya ingin menjelaskan bahwa memang ada miscommunication. Sekali lagi saya minta maaf jika apa yang saya lakukan itu tidak pantas dan tidak akan saya ulangi lagi. Thank you."

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT