Sukses

Bupati Bogor Gencarkan Kembali Program Boling, Dimulai dari Cisarua

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin melakukan penaringan aspirasi dengan mendengar langsung keluhan masyarakat melalui program Rebo Keliling (Boling). Dia pun mempertimbangkan untuk kembali melanjutkan program tersebut.

"Ini kegiatan lanjutan yang pernah dijalankan mantan bupati Bogor Rachmat Yasin dan diberi nama Program Rebo Keliling (Boling)," ucapnya pada Boling kali pertama di Kampung Cipari Langoan RT-04/RW-04 Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cisarua, Rabu (17/1/2019).

Kegiatan ini merupakan salah satu cara dimana sebuah program kerja dalam konteks pembangunan daerah dapat berjalan dengan baik.

Pasalnya, tanpa adanya tindakan langsung seperti ini tentunya proses kegiatan pada konteks pembangunan daerah tidak dapat berjalan sesuai harapan.

"Itu dikarenakan membutuhkan peranan dari masyarakat. Kegiatan tersebut harus lebih mengarah untuk kepentingan bersama dan bukan pribadi, jadi harus sesuai harapan bersama," kata Ade Yasin seperti dilansir dari Antara.

Pada hakekatnya, perencanaan Rebo Keliling memiliki artian dimana mengetahui keluhan masyarakat yang nantinya bermanfaat untuk pembentukan perencanaan anggaran terkait dasar pembuatan angharan pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Bogor.

"Boling kan untuk menjaring permasalahan langsung dari masyarakat. Setelah semua permasalahan itu dihimpun jadi tinggal.pemetaan dan solusinya untuk penyelesaiannya," katanya.

Dia menambahkan pada kegiatan ini juga memberikan informasi kepada masyarakat terkait karsa bogor cerdas.

"Itu diantaranya akan memfokuskan pada peningkatan kualitas pendidikan melalui pengembangan kompetensi guru sekolah maupun kepala sekolah,” ucap dia.

2 dari 2 halaman

Maksimalkan Potensi Daerah

Sementara itu, Camat Cisarua Bayu Rahmawanto mengatakan  terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bogor karena telah memilih Kecamatan Cisarua untuk pelaksanaan Boling perdana.

"Ini merupakan program Boling perdana di era Bupati-Wakil Bupati Bogor yang baru, mewakili masyarakat Cisarua, saya mengucapkan terima kasih." Ujar Bayu.

Bayu menyampaikan potensi dan permasalahan yang ada di Kecamatan Cisarua. Dia berharap potensi yang dimiliki bisa dimaksimalkan dan permasalahan di Cisarua bisa segera diselesaikan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Kawin Kontrak Marak di Puncak, Ini Respons Bupati Bogor
Artikel Selanjutnya
Kelap-kelip Obor Ramaikan Perayaan Malam Tahun Baru Hijriah di Bogor