Sukses

Anies: Nikah Massal Jadi Tradisi Baru Rayakan Tahun Baru di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri nikah massal yang diselenggarakan Pemprov DKI untuk menyambut tahun baru 2019. Anies mengatakan nikah massal menjadi bagian dari tradisi baru di Jakarta saat merayakan malam pergantian tahun.

"Insyaallah nanti ini akan menjadi bagian dari tradisi baru dalam merayakan tahun baru di Jakarta. Bahwa kita menyelenggarakan malam tahun baru untuk mensyukuri apa yang sudah dicapai tahun ini," kata Anies saat memberikan sambutan di Park and Ride Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Senin (31/12/2018).

Tahun ini merupakan tahun kedua Pemprov DKI menyelanggarakan nikah massal pada malam perayaan tahun baru. Anies mengatakan nikah massal akan membawa kesan tersendiri bagi para pasangan yang mengikuti kegiatan ini. Sebab, kata dia, setiap malam pergantian tahun, hari pernikahan mereka akan dirayakan seluruh dunia.

"Yang tidak kalah penting bagi sebagian Warga Jakarta malam hari ini juga menjadi malam yang mengesankan, karena bagi para pasangan calon suami, calon istri setiap pergantian tahun akan dirayakan sebagai hari pernikahannya," ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berharap kegiatan ini akan menghasilkan keluarga yang sakinah dan dapat membawa kebahagian. Anies ingin melalui pernikahan massal ini semakin banyak keluarga di Jakarta yang menjadi pilar masyarakat.

"Kita di Pemprov DKI meyakini bahwa untuk membangun masyarakat yang yang baik, masyarakat yang rukun, masyarakat yang saling menghargai, masyarakat yang saling menopang. Apabila keluarga itu menjadi keluarga yang baik, Insya Allah masyarakatnya pun akan baik," ucapnya.

Anies menuturkan pernikahan massal ini terasa berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini lantaran kehadiran pendakwah Aa Gym sebagai penasihat pernikahan.

2 dari 2 halaman

Diikuti 557 Pasangan

Sebagai informasi, jumlah peserta nikah massal pada malam pergantian tahun 2018 ke 2019, mencapai 557 pasangan. Jumlah ini dengan rincian, pernikahan baru 221 pasangan dan Itsbat Nikah 336 pasangan.

Selain nikah massal, Pemprov DKI juga menyiapkan empat panggung hiburan yang dimulai dari Pintu Monas Barat Daya sampai dengan Bundaran HI. Pada malam pergantian tahun tersebut, Pemprov DKI menyiapkan 70 tenda yang diperuntukkan bagi UKM binaan dari 44 kecamatan untuk mempromosikan dan menjual produk usahanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini: