Sukses

Ketum Nasdem: Saya Beri Kebebasan TGB Tentukan Pilihan Politik

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh tak mau mengekang pilihan politik Muhammad Zainul Majdi atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) itu. Sebelum gabung dengan Partai Golkar, TGB sempat disebut masuk ke Nasdem.

Meski mengaku tidak tahu secara detail kebenaran informasi itu, Surya mengatakan tetap membangun relasi dan komunikasi politik dengan TGB meski berbeda naungan partai politik.

"Saya berikan kesempatan, kebebasan ke Pak TGB karena dia berhak menentukan arah politiknya. Yang penting bagi kita kemampuan dan kesadaran kita. Indonesia memerlukan para pejuang-pejuang yang memang memiliki komitmen tetap dengan ideologi," ujar Surya di kantor DPP Nasdem, Jakarta Pusat, Kamis (20/12/2018).

Dia menambahkan, sekalipun berbeda kendaraan partai dalam berpolitik Surya Paloh mengatakan hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan.

"Jadi enggak masalah lah itu," ucap dia.

Sementara, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Jhonny Plate menegaskan hubungan Nasdem dengan TGB tak bermasalah meski dia berlabuh ke Partai Golkar. Padahal, sebelum bergabug ke Partai Golkar, TGB disebut masuk ke gerbong Nasdem.

Ditemui di kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Jhonny mengatakan hubungan politik tidak hanya terbatas dengan keanggotaan partai tertentu, melainkan kesamaan visi dan misi.

"Ya relasinya sangat baik kartu anggota atau administratif itu tidak boleh menghalangi komunikasi dan relasi politik," ujar Jhonny.

2 dari 3 halaman

Diumumkan Malam Ini

Secara terpisah, Ketua DPP Golkar bidang pemenangan Pemilu wilayah Sumatera Indra Bambang Utoyo mengonfirmasi TGB resmi bergabung dengan partai berlambang pohon beringin itu. Hal tersebut diputuskan oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dalam rapat pleno Rabu malam.

Bergabungnya TGB ke Golkar, kata Indra, akan diumumkan saat acara silaturahmi pengurus Golkar baik tingkat DPC, DPD, hingga pusat.

"Nanti malam ada silaturahim akhir tahun DPP Golkar di Hotel Darmawangsa, rencananya akan diumumkan di sana," kata Indra kepada merdeka.com

Sebelum bergabung ke Partai Golkar, TGB disebut masuk ke Partai Nasdem. Hal itu diamini Sekretaris Jenderal NasDem Jhonny Plate.

"Iya Pak TGB masuk ke NasDem. Pak TGB setuju dengan platform nya NasDem," kata Jhonny, Senin 17 Desember 2018.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Putri Ma'ruf Amin, Nur Azizah Sebut Seleksi Calon Wali Kota Tangsel PSI Sangat Kejam
Artikel Selanjutnya
Mahfud Md Ungkap Aset PT Asabri Turun hingga Rp 17 Triliun