Sukses

Gunung Soputan Terus Erupsi hingga Pagi Ini

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Soputan di Sulawesi Utara terus erupsi hingga Senin (17/12/2018) pagi. Tinggi kolom abu vulkanik gunung setinggi bervariasi antara 1,5 hingga 7 kilometer.

"Sejak 16/12/2018 hingga 17/12/2018 pagi ini. Tinggi kolom abu vulkanik bervariasi 1,5-7 km. Malam terlihat pijaran api," info Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam akun Twitternya @Sutopo_PN, Senin pagi.

Menurut dia, abu vulkanik Gunung Soputan mengarah ke tenggara-barat daya. Dia pun mengatakan aktivitas masyarakat masih normal.

"Belum perlu ada yang mengungsi. Bandara Sam Ratulangi beroperasi normal," kata Sutopo soal kondisi terkini erupsi Gunung Soputan.

2 dari 3 halaman

Waspadai 4 Aliran Sungai

Gunung Soputan di Sulawesi Utara erupsi pada Minggu 16 Desember 2018 pukul 03.09 Wita/ Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan seperti sungai Ranowangko, Lawian, Popang dan Londola Kelewahu.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan," demikian keterangan PVMBG.

PVMBG mengimbau, warga agar tidak beraktivitas di dalam radius empat kilometer dari puncak Gunung Soputan dan dalam wilayah sektor arah barat-baratdaya sejauh 6,5 kilometer, yang merupakan daerah bukaan kawah, guna menghindari ancaman leleran lava dan awan panas guguran.

Gunung Soputan erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik teramati 3.000 meter (3 Km) di atas puncak (4.809 meter di atas permukaan laut) menurut PVMBG Pos Pengamatan Gunung Soputan.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rangkuman Kalimat Pamungkas Capres di Debat Kedua

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
6 Fakta di Balik Erupsi Gunung Soputan Hari Ini
Artikel Selanjutnya
Antisipasi Hujan Abu Letusan Gunung Soputan, Warga Diminta Siapkan Masker