Sukses

Gunung Soputan Keluarkan Debu Vulkanik, Masyarakat Diimbau Gunakan Masker

Menurut pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG setempat, erupsi terjadi sejak dini hari pukul 03.00 Wita selama sekira 30 menit.

Fokus, Minahasa Tenggara - Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, Minggu pagi, kembali mengeluarkan debu vulkanik setinggi 7 ribu meter lebih.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (16/12/2018), semburan abu vulkanik Gunung Soputan terus terlihat hingga pagi ini mengarah ke selatan.

Menurut pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG setempat, erupsi terjadi sejak dini hari pukul 03.00 WITA selama sekitar 30 menit.

Saat ini status Gunung Api Soputan berada pada level 3 atau siaga. Kepada masyarakat agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 kilometer dari puncak Gunung Soputan guna menghindari ancaman aliran lahar dan awan panas.

Bila terjadi hujan abu, warga juga dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk mengantisipasi gangguan saluran pernapasan. (Muhammad Gustirha Yunas)