Sukses

JK: Di Dunia Mana pun Ongkos Politik Mahal

JK menyebut ongkos politik di Amerika Serikat bahkan mencapai triliunan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menyebut biaya dalam kontestasi politik sangat mahal. Bukan hanya di Indonesia, biaya politik di belahan dunia pun demikian.

"Di mana pun dunia ini, biaya politik mahal. Di Amerika sampai triliunan," ujar JK di Ancol, Jakarta Utara, Senin (10/12/2018).

Meski mahal, JK menekankan agar tidak terjadi politik uang dalam Pemilu 2019 mendatang.

"Saya tanya di Malaysia kenapa waktu kemarin Najib jatuh, karena pemilu terlalu mahal. Termasuk hal yang ingin kita hindari, termasuk money politics. Ini hal yang harus kita awasi dengan betul," kata JK.

Sementara itu, JK bersyukur bahwa pemilu di Tanah Air jauh lebih aman dibanding pemilu di negara lain. JK mengaku saat jeda sebagai Wapres era SBY dan Jokowi ini, dia sempat melakukan observasi pemilu.

Menurut dia, ada delegasi dari Pakistan yang tiba-tiba jenuh melihat pemilu berjalan dengan damai.

"Tapi kemudian delegasi Pakistan ngomong, saya ingin pulang besok, karena ini pemilu yang membosankan. Loh kenapa? Karena kalau pemilu yang tidak tembak-tembakan tidak seru," kata JK mengenang.

"Kita bersyukur, aman, bahwa ribut di dunia maya iya, tapi tidak ada fisik," JK menambahkan.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.