Sukses

Disebut Jadi Danpaspampres karena Luhut, Maruli: Lihat Track Record Saya

Maruli mengatakan posisi Komandan Paspampres didapat olehnya melalui proses seleksi, bukan karena dirinya menantu Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menunjuk Brigjen Maruli Simajuntak menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Penunjukan Kepala Staf Kodam (Kasdam) Diponegoro itu sempat dipertanyakan sejumlah pihak lantaran Maruli merupakan menantu dari Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Terkait polemik itu, Maruli meminta agar pihak yang meragukan dirinya tidak hanya melihat statusnya sebagai menantu Luhut Panjaitan, namun juga prestasinya sebagai prajurit TNI.

"Saya minta mereka lihat track record saya. Lihat bagaimana prestasi saya di Korem, di Kopassus, dan sekarang Kasdam. Jangan hanya menilai saja. Kalau saya tidak mumpuni, masa’ ditempatkan pada posisi itu," ujar Maruli saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (30/11/2018).

Menurut Maruli, untuk ditunjuk sebagai Komandan Paspampres, dirinya harus melewati proses seleksi yang ketat. Dia pun meyakini, seleksi tersebut dilakukan secara fair, dan bukan karena dirinya menantu Luhut Panjaitan.

"Ada jenjang yang harus dilalui, dan untuk posisi ini (Danpaspampres) ini bukan satu dua orang (yang diseleksi), tapi sekian banyak orang. Jadi tidak ujug-ujug diberikan," ucap dia.

Dia pun menegaskan, penunjukkan dirinya sebagai Komandan Paspampres bukan karena peran mertuanya, namun murni karena prestasinya selama berkarir di TNI.

"Posisi ini bukan diberikan, tapi memang melalui proses yang panjang. Jadi tolong, jangan hanya menilai, lihat track record saya gimana. Enggak bisa kita bilang karena menantunya Pak Luhut, lihat prestasinya di lapangan seperti apa,” ucap dia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lama di Kopassus

Promosi jabatan Maruli sesuai Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1240/XI/2018 ditandatangani Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, Kamis 29 November 2018. Sementara Kasdam Kodam Diponegoro yang ditinggalkan Maruli diisi oleh Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Dunia paspampres tak asing bagi lulusan Akmil 1992 ini. Sebelum bertugas di Korem, Maruli Simanjuntak merupakan komandan Grup A Paspampres (2014-2016).

Maruli juga berpengalaman dalam Infanteri Kopassus dan Detasemen Tempur Cakra. Maruli juga pernah menjabat Danrem 074/Warastratama (2016-2017) sebelum menjabat Wadan Paspampres.

Selama berkarir di TNI, Maruli diketahui mempunyai sederet prestasi. Beberapa di antaranya, dia pernah meraih juara Judo dalam sejumlah even nasional dan internasional. Berikut sejumlah beberapa prestasi yang diraih Brigjen Maruli

1. Pangab Cup tahun 1996 di Jakarta dengan meraih 1 emas dan 1 perak

2. Wismoyo Cup tahun 1996 di Jambi dengan prestasi 1 perak

3. Pama Terbaik tahun 1996 di Jakarta dengan prestasi Pama terbaik di Kopasus

4. Kapolri Cup thn 1996 di Bogor dengan prestasi 1 perak

5. Judo Asean Military tahun 1997 di Jakarta dengan prestasi 2 emas

6. Kings Cup tahun 1997 di Thailand dengan prestasi 1 perunggu

7. JUDO Asian thn 1997 di Filipina

8. Danlat AARM thn 2010 di Malaysia dengan prestasu Juara 1 ( 8 dari 15 piala )

9. Danrem terbaik thn 2016 di Surakarta dg prestasi SWASEMBADA PANGAN dengan memperoleh Piagam KASAD.

 

Saksikan Video Piihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.