Sukses

Jembatan "Indiana Jones" Terus Disorot Dunia

Liputan6.com, Lebak: Perjuangan anak-anak sekolah menyeberangi jembatan gantung yang nyaris putus di Desa Sanghiang, Lebak, Banten, terus menyedot perhatian media internasional. Koran Inggris Daily Mail, Jumat (20/1) waktu setempat, menyamakan aksi ini dengan Indiana Jones.

Dalam suatu adegan di film Indiana Jones and The Temple of Doom, Jones terlihat menyeberangi sebuah jembatan yang nyaris putus. Aksi ini begitu berbahaya karena salah sedikit saja, nyawa bisa melayang. Berbeda dengan layar lebar, anak sekolah dan warga Desa Sanghiang melakukannya setiap hari di dunia nyata, tanpa tali penolong maupun pemeran pengganti.

Surat pembaca Daily Mail banyak mempertanyakan perhatian pemerintah dan wakil rakyat Indonesia. Aksi menyeberang jembatan rusak dinilai bisa membahayakan jiwa anak.

Koran Inggris lain, The Telegraph, juga menurunkan berita serupa. Terdapat pula pemberitaan lain di New York Daily yang menyatakan bahwa anak-anak tersebut harus mendapat nilai A plus untuk keberanian mereka.

Entah karena ramai dibicarakan, Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya akhirnya meninjau lokasi. Mulyadi bahkan mencoba menyeberangi Sungai Ciberang yang berarus deras melalui jembatan rusak. Sang bupati pun merasa kelelahan hingga kemudian dibantu para stafnya.

Mulyadi memperkirakan dana perbaikan jembatan Desa Sanghiang memakan Rp 600 juta. Dana ini jauh lebih sedikit ketimbang ongkos renovasi ruang rapat Badan Anggaran DPR yang menghabiskan Rp 20 miliar lebih.(WIL/YUS)
    Loading