Sukses

Bertemu Wapres AS di KTT ASEAN, Jokowi Bahas 3 Kerja Sama

Masalah pertama yang dibahas terkait pentingnya kerja sama dua negara dalam membangun masyarakat yang majemuk.

Fokus, Singapura - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar pertemuan dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di sela-sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ke-33 ASEAN di Suntec Convention Center, Singapura.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (16/11/2018), masalah pertama yang dibahas terkait pentingnya kerja sama dua negara dalam membangun masyarakat yang majemuk. Sementara, hal kedua yang dibicarakan adalah kerja sama ekonomi.

Terkait hal ini, Jokowi menekankan, di bidang perdagangan, Indonesia dan Amerika Serikat tidak saling berkompetisi dan bisa saling melengkapi.

Ketiga, Jokowi menekankan pentingnya konsep Indo-Pasifik dalam rangka menjaga perdamaian, keamanan, dan peningkatan kesejahteraan kawasan.

Selain membahas tiga bidang kerja sama tadi, Presiden Jokowi berharap Amerika Serikat memberikan dukungan untuk AHA Center, terutama terkait persoalan krisis kemanusiaan terhadap etnis rohingya di Rakhine State, Myanmar. AHA Center adalah pusat koordinasi dan informasi penanganan bencana di kawasan ASEAN. (Muhammad Gustirha Yunas)