Sukses

3 Jawaban Menohok Ridwan Kamil Kala Dibandingkan dengan Anies Baswedan

Netizen membandingkan kebijakan Ridwan Kamil soal Meikarta dengan penghentian reklamasi oleh Gubenur DKI Anies Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah gambar yang menjelaskan proses perizinan proyek Meikarta di akun Instagramnya. Posting-an pria yang karib disapa Emil itu mendadak sontak mengundang beragam komentar dari netizen.

Yang paling mencolok adalah sejumlah komentar para netizen yang membandingkan kebijakan Emil soal Meikarta dengan penghentian reklamasi oleh Gubernur DKI Anies Baswedan. Mereka membandingkan sikap Emil dengan Anies yang dinilainya lebih berani.

Beberapa komentar langsung ditanggapi Ridwan Kamil. Berikut jawaban-jawabannya:

1. Kalah Nyali

Dalam akun Instagramnya, Emil menjelaskan perizinan Meikarta adalah wewenang Pemkab Bekasi. Dia mengatakan, wewenang Pemprov adalah memberi rekomendasi tata ruang yang diajukan Pemkab Bekasi. Dalam posting-an itu, Emil menjelaskan sedikit soal pengajuan proyek tersebut.

Seketika banyak yang mengomentari posting-an Emil. Salah satunya akun abdul_clearend yang membandingkan Emil dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. "Segitu aja kang nyalimu, masa kalah dengan aksi Anies Baswedan".

Rupanya Emil tak terima dibanding-bandingkan, dia kemudian membalas komentar tersebut. "@abdul_clearend pemimpin ambil keputusan harus dengan kelengkapan data, keadilan, nalar dan ketaatan hukum. Kalau emosian grusa grusu dalam ambil keputusan jangan pernah jadi pemimpin," jawab Ridwan Kamil tegas.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Harus Berani

Selain abdul_clearend, akun lain yang membandingkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ialah taufikelrahman9. Dengan menggunakan bahasa Sunda, dia meminta Emil berani mengentikan proyek Meikarta seperti Anies Baswedan mencabut proyek reklamasi.

"Kudu wani (harus berani), pak Anies ge waniyeun nyabut reklamasi (Pak Anies juga berani mencabut reklamasi)," tulis akun taufikelrahman9.

Emil lantas menjawab "@taufikelrahman9 coba gugel lagi. 4 Lahan reklamasi yang sudah ada, tidak dibatalkan. Yang dibatalkan yang masih dalam rencana gambar. Ini contoh ambil keputusan itu harus adil dan proporsional".

 

3 dari 3 halaman

3. Lunasi Janji

KPK menemukan adanya aksi suap dalam proyek Meikarta. Saat ini KPK tengah mengusut kasus megaproyek tersebut. Sebagai Gubernur Jabar, Ridwan Kamil diminta untuk menghentikan proyek tersebut sesuai dengan janji Pilgub.

Permintaan tersebut datang dari akun nanang_gunawan84 yang menuliskan di kolom komentar Instagram Ridwan Kamil. Akun itu bahkan membandingan Emil dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Meikarta kumaha kang? Ingat janji waktu debat Pilgub kemarin nggak? Proyek besar reklamasi aja Pak Anies Baswedan sangggup menghentikannya. Ayo lunasi janjimu kang," kata nanang_gunawan84.

"Baca postingan sebelumnya. Nuhun," jawab Emil tegas.

 

Reporter: Desi Aditia Ningrum

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Merdeka.com