Sukses

Top 3 News: Gunung Soputan Meletus Dipicu Gempa Donggala-Palu?

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news, usai gempa dan tsunami mengguncang Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, giliran Gunung Soputan di Minahasa, Sulawesi Utara, meletus, Rabu pagi kemarin.

Apakah gempa Donggala dan Palu memicu aktivitas erupsi Gunung Soputan? Hal itu sangat dimungkinkan. Menurut Kepala PVMBG Badan Geologi, Kasbani gempa besar bisa meningkatkan aktivitas gunung api.

Saat erupsi, ketinggian abu Gunung Soputan mencapai 5.809 m di atas permukaan laut. Untuk menghindari kemungkinan guguran awan panas, pihak BNPM meminta masyarakat tidak berada dalam radius 6,5 kilometer dari puncak gunung.

Kabar adanya dugaan penganiayaan terhadap aktivis kemanusiaan Ratna Sarumpaet juga banyak mendapat sorotan. Dalam foto yang beredar luas di media sosial, nampak wajah Ratna lebam dan bengkak-bengkak.

Kepada polisi, Ratna sempat mengaku bahwa dia telah menjadi korban pengeroyokan saat berada di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, 21 September 2018 oleh orang tak dikenal.

Kala itu ibu dari aktris Atikah Hasiholan ini tengah menghadiri konferensi internasional. Karena kasus tersebut terjadi di wilayah hukumnya, penyelidikan pun dilakukan jajaran Polda Jawa Barat. 

Setelah penelusuran di beberapa rumah sakit, klinik, dan sejumlah saksi di Bandara Husein Sastranegara, disimpulkan bahwa pada rentang waktu 21-24 September 2018, tidak ada pasien bernama Ratna Sarumpaet yang menjadi korban penganiayaan.

Sandiwara Ratna akhirnya berakhir dengan hasil temun Polda Metro Jaya. Jejak Ratna dalam waktu yang disebutkan dianiaya tengah berada di Jakarta. Hal itu terlihat dari call data record dan pembayaran di sebuah rumah sakit khusus bedah plastik di Menteng, Jakarta Pusat.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Rabu, 3 Oktober 2018:

2 dari 4 halaman

1. Gunung Soputan di Sulawesi Utara Meletus

Gunung Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara meletus, Rabu pagi, 3 Oktober, pukul 08.47 Wita.

Pos Pengamatan Gunung Soputan PVMBG melaporkan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 4.000 meter di atas puncak kawah atau 5.809 m di atas permukaan laut.

Kepala BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya mengatakan, hujan abu vulkanik diperkirakan jatuh di daerah di barat-barat laut Gunung Soputan.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Penyelidikan Polisi: Ratna Sarumpaet Tidak Dianiaya, tapi Operasi Plastik

Polda Metro Jaya telah menyelidiki kabar dugaan penganiayaan aktivis Ratna Sarumpaet. Namun, kabar tersebut berbanding terbalik dengan fakta yang ditemukan kepolisian di lapangan.

Berdasarkan penyelidikan Polda Jabar, tidak ada konferensi negara asing di Jabar pada tanggal 21 September 2018.

Selain itu, dari hasil pengecekan 23 rumah sakit di Jawa Barat, tak ada pasien atas nama Ratna Sarumpaet.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Dampak Kasus Ratna Sarumpat, Semua Dokter di RS Bina Estetika Libur

Polisi telah melakukan investigasi terkait dugaan penganiayaan yang menimpa Ratna Sarumpaet. Hasilnya, aktivis itu tak dianiaya dan luka lebam di wajahnya akibat operasi plastik di Rumah Sakit Khusus Bedah Bina Estetika, Jakarta Pusat.

Dampak dari peristiwa Ratna Sarumpaet, seluruh dokter yang bekerja di rumah sakit tersebut diliburkan.

"Untuk hari ini semua dokter libur, tidak ada praktik hari ini," ujar salah satu customer service di RS Bina Estetika, Rabu (3/10/2018).

 

Selengkapnya... 

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Geger Induk Ular Kobra di Grand Depok City
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Akses Jalan Ditutup, Ini Kisah Pilu Pasangan Lansia di Mangga Dua