Sukses

Drama Ratna Sarumpaet, Mereka yang Membela, Ragu, dan Berakhir Diam

Sebelumnya, tokoh politik seperti Fadli Zon, Amien Rais, Fahri Hamzah, dan Mahfud MD meminta pihak kepolisian untuk menyelidiki kebenaran dari kabar penganiayaan Ratna.

Liputan6.com, Jakarta - Ratna Sarumpaet mengakhiri "drama" penganiayaan yang diklaimnya dan sempat menghebohkan masyarakat.

Pada konferensi pers yang digelar di kediamannya, Jalan Kampung Melayu Dalam, Jakarta Timur, Rabu (3/10/2018), Ratna mengklarifikasi dirinya bukan korban penganiayaan.

"Apa yang saya katakan ini, menyanggah adanya penganiayaan," tegas Ratna.

Sebelumnya, tokoh politik seperti Fadli Zon, Amien Rais, Fahri Hamzah, dan Mahfud MD meminta kepolisian untuk menyelidiki kebenaran dari kabar penganiayaan Ratna.

Kini, setelah Ratna mengklarifikasi bahwa cerita pengeroyokan yang menimpanya adalah fiksi belaka, beberapa tokoh itu mencuitkan komentarnya melalui akun Twitter pribadi.

Fahri Hamzah sempat memercayai cerita Ratna. Dia bahkan beradu argumen dengan Tompi, selebritas  yang adalah dokter bedah kecantikan di lini masanya. Tetapi beberapa jam sebelum konferensi pers digelar di rumah Ratna, ia mulai meragukan kebenaran itu. Hal ini bisa dilihat dari cuitannya di akun Twitter pribadinya.

Cuitan terakhir Wakil Ketua DPR Bidang Kesejahteraan Rakyat ini sebelum pengakuan Ratna berbunyi "Saya percaya ibu @RatnaSpaet pasti bisa apa adanya...."

Setelah terbukti bahwa cerita itu hanyalah hoaks, Fahri menanggapi berita tersebut dengan kalimat "Ya Allah, Ada pa denganmu ibu?"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fadli Zon Diam

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menyatakan dalam cuitannya bahwa sejak tengah malam kemarin kebohongan Ratna sudah tersiar.

 

Meski demikian, pagi ini pukul 09.19 WIB Mahfud enggan terburu-buru menyimpulkan bahwa penganiayaan Ratna hanyalah rekayasa semata. Dia menyerahkan hal itu kepada pihak kepolisian yang memiliki fungsi penyelidikan.

 

Sementara itu, lini masa Fadli Zon yang tadinya dipenuhi dengan pemberitaan seputar Ratna Sarumpaet saat ini ditimbun dengan isu bencana. Wakil Ketua DPR ini tidak mengeluarkan pernyataan terkait kebohongan Ratna via Twitter pribadinya.

Politisi Partai Demokrat Andi Arief juga turut membela Ratna sebelum kebenaran terungkap. Andi bahkan menyatakan bahwa dia mengenal Ratna 20 tahun lebih dan mengetahui bahwa Ratna orangnya jujur.

 

 

3 dari 3 halaman

Andi Arief Membela

Andi bahkan sempat menyebut bahwa Tompi terlalu cepat mengambil kesimpulan dan malapraktik ilmunya. Tetapi setelah kebenaran terungkap dan cerita Ratna hanyalah fiksi belaka, politisi Partai Demokrat ini hanya meminta Ratna untuk beristirahat saja.

 

Dalam konferensi pers yang digelar di rumahnya, Ratna menyatakan bahwa cerita fiksi itu hanyalah alasan yang ia buat untuk menjelaskan luka lebam di wajahnya kepada anak-anaknya. Khayalan itu juga ia ceritakan kepada calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto, mantan Ketua MPR Amien Rais, dan juga Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

(Liputan6.com/Melissa Octaviani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.