Sukses

Gempa Magnitudo 7,7 Guncang Donggala, Berpotensi Tsunami

Sebelumnya, siang tadi Donggala diguncang gempa bermagnitudo 5,9 SR. Akibat gempa tersebut satu orang meninggal dunia, 10 lainnya luka-luka.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi dengan magnitudo 7,7 mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah.

Laman resmi Badan Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan kekuatan lindu terjadi sore ini, Jumat (28/9/2018), pukul 17.02 WIB.

Dengan titik pusat gempa terjadi di darat, 27 kilometer Barat Laut Donggala dengan kedalaman 10 kilometer.

Sedangkan lokasi gempa berada di 18 Lintang Selatan (LS), 119,85 Buju5 Timur. Gempa berpotensi tsunami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Donggala Diguncang Gempa, 1 Orang Meninggal

Sebelumnya, siang tadi, tepatnya pada pukul 14.00 WIB, Donggala diguncang gempa magnitudo 5,9 SR. Sumber gempa berasal dari sesar Palu Koro dan tidak berpotensi tsunami.

"Gempa dirasakan di wilayah Kabupaten Donggala, Kota Palu dan Parigi Moutong. Gempa dirasakan beberapa kali karena adanya gempa susulan," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Nugroho, dalam keterangannya yang diterima Liputan6.com, Jumat (28/9/2018).

Guncangan lindu dirasakan sangat keras terjadi di Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala karena dekat dengan pusat gempa.

Warga yang panik karena rumah mereka roboh langsung berhamburan keluar. Berdasarkan data sementara dari BPBD Kabupaten Donggala tercatat satu orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Donggala