Sukses

YPAPK Gelar Operasi Mata Katarak Gratis di Bekasi

Liputan6.com, Bekasi - Kesehatan mata penting untuk diperhatikan, apalagi bagi para lanjut usia yang rentan terkena gangguan, salah satunya adalah katarak.

Fenomena ini pun membuat Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih bersama Karya Alpha Omega dibantu tim dokter dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia serta Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar operasi mata katarak gratis, seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (19/9/2018).

Fenomena penyakit mata katarak ternyata menjadi penyebab utama kebutaan terutama bagi lansia. Katarak ini merupakan proses degenerasi sel mata dan usia di atas 50 tahun memiliki resiko tinggi katarak.

Sementara itu, sejak pukul 08.00 pagi, sudah terlihat puluhan pasien berkumpul di basement Rumah Sakit Grha Mm2100 kawasan industri Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sebelum nantinya dinyatakan lolos untuk operasi katarak, pasien ini terlebih dahulu diperiksa rekam medisnya, tekanan darah, gula darah, dan tes jarak pandang. Jika memenuhi syarat, pasien akan menuju ke tahap selanjutnya, yakni persiapan sebelum operasi. Ada dua tahap, yaitu pencukuran bulu mata dan penetesan cairan untuk memperlebar pupil mata.

Operasi pun dilakukan dalam waktu singkat. Hanya butuh waktu 15 menit hingga 30 menit saja katarak bisa diangkat.

Dengan adanya operasi katarak gratis ini, masyarakat merasa senang dan terbantu.

Setelah operasi, pasien dianjurkan untuk datang ke Rumah Sakit Grha Mm2100 keesokan harinya untuk pemeriksaan rutin oleh dokter. Pasien pun juga dibekali obat-obatan yang harus mereka konsumsi rutin selama masa penyembuhan. (Muhammad Gustirha Yunas)