Sukses

Menjajal LRT dan Menikmati Megahnya Jakarta dari Ketinggian

Liputan6.com berkesempatan menjajal LRT yang diuji coba dari Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur menuju Stasiun Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pelaksanaan pesta olahraga Asian Games ke-18, pemerintah melakukan uji coba Light Rail Transit (LRT) Jakarta, di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur menuju Stasiun Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara. Uji coba tersebut berlangsung selama 30 hari, mulai 21 Agustus hingga 20 September 2018.

Liputan6.com pada Rabu (29/8/2018), berkesempatan menjajal LRT yang rencananya beroperasi pada akhir 2018. Ketika tiba di Stasiun Velodrome, pengunjung disambut dengan lokasi stasiun yang berada di ketinggian dua meter.

Tak perlu khawatir kelelahan menuju stasiun, tangga berjalan atau eskalator dan anak tangga sudah tersedia.

Namun, setelah sampai di stasiun, banyak fasilitas yang belum tersedia, seperti loket tiket, penunjuk arah, hingga pintu keluar dan masuk yang belum berfungsi.

Karena belum beroperasi, awak media langsung menuju tempat pemberhentian LRT. Secara ukuran, LRT lebih kecil dibandingkan kareta commuter line Jabodetabek. Bangku di setiap gerbong juga tak banyak, dua baris bangku panjang dan dua baris bangku kecil saling berhadapan.

Bangku penumpang hanya berkapasitas sekitar 20 orang dewasa. Sisanya untuk tempat berdiri dengan beberapa pegangan tangan yang telah disediakan di beberapa titik.

Meskipun tak ada bangku khusus atau prioritas untuk penumpang hamil dan lanjut usia, namun di setiap gerbong tersedia tempat khusus untuk disabilitas.

Tempat khusus ini berada di sudut setiap gerbong dan tidak memiliki bangku. Sehingga mempermudah mereka yang menggunakan kursi roda. Selain itu, lokasi khusus ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat koper pengguna.

"Jadi kalau ada pengguna yang menggunakan kursi roda langsung di sini, jadi enggak perlu melipat kursinya. Ketinggian kereta dan pemberhentian juga mempermudah mereka," kata salah satu petugas LRT di Stasiun Mal Kepala Gading, Jakarta Utara.

Untuk fasilitas di dalam LRT sudah cukup memadai. Misalnya alat pemadam kebakaran yang terdapat di setiap gerbong kereta. Kamera tersembunyi atau cctv hingga monitor penunjuk lokasi kereta juga sudah terpasang.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemegahan Venue Asian Games dari Atas LRT

Ketika uji coba, perjalanan LRT dari Stasiun Velodrome dimulai pukul 15.20 WIB. Karena hampir semua stasiun belum berfungsi, LRT hanya melewatinya hingga sampai di Stasiun Mal Kepala Gading.

Selama perjalanan, pengguna LRT akan disuguhkan berbagai pemandangan. Seperti kemegahan Jakarta Internasional Velodrome yang menjadi lokasi venue cabang olahraga sepeda di Asian Games 2018.

Pemandangan lain yang tak kalah menarik yakni saat melaju ke arah Stasiun Pulo Mas hingga Stasiun Pacuan Kuda, pengguna akan disuguhkan penampakan Equestrian International Park dari kejauhan. Equestrian atau biasa disebut pacuan kuda Pulomas juga digunakan sebagai venue Asian Games.

Selanjutnya kereta hanya melewati Stasiun Kelapa Gading Boulevard dan langsung menuju Stasiun Mal Kelapa Gading. Perjalanan pun memakan waktu hanya sekitar 15 menit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.