Sukses

Jokowi Tinjau Pemanfaatan Dana Desa di Sleman

Di desa tersebut, warga setempat membangun saluran irigasi dari Bendung Klontongan sepanjang 350 meter untuk mengairi sawah-sawah para petani.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau pemanfaatan dana desa di Desa Sendangtirto, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, pada Rabu (29/8/2018).

Di desa tersebut, warga setempat membangun saluran irigasi dari Bendung Klontongan sepanjang 350 meter untuk mengairi sawah-sawah para petani. Pembangunan tersebut memanfaatkan dana desa tahun anggaran 2018 sebesar Rp 192.414.000.

"Ini mampir ke kegiatan yang berhubungan dengan dana desa. Kegiatan pembangunan irigasi di sini saya kira juga sangat baik, dikerjakan sendiri oleh warga," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Dalam peninjauan kali ini, Jokowi juga ingin memastikan langsung kepada pemerintah daerah setempat terkait dengan proses pertanggungjawaban penggunaan anggaran dana desa yang berjalan sebagaimana mestinya.

"Saya ingin mengontrol saja lancar atau tidak dan sulit tidaknya pertangungjawabannya. Itu saja," kata Jokowi,

Saat meninjau proyek tersebut, Jokowi ingin saluran irigasi yang sedang dibangun tersebut diperpanjang hingga mencukupi kebutuhan warga setempat. Ia berharap pembangunan infrastruktur tersebut segera dirampungkan. Sehingga, pemerintah dapat beralih ke tahapan selanjutnya.

"Pengembangan ekonomi di desa lebih dibesarkan kalau nanti infrastruktur berupa jalan, irigasi, embung, juga yang diperlukan (selesai). Banyak sekali sebetulnya yang sudah berpuluh tahun tidak pernah diselesaikan. Persoalan kecil tapi sangat fundamental di sebuah desa. Penting untuk menaikkan produktivitas yang ada di desa," terang mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Pembangunan Lain

Untuk diketahui, mengutip laman resmi Desa Sendangtirto, selain pembangunan saluran irigasi, di desa tersebut terdapat beberapa program pembangunan yang pengerjaannya telah selesai dengan seratus persen didanai oleh dana desa.

Sejumlah proyek tersebut ialah pengerjaan jalan di Dusun Jetak sepanjang 126 meter, Dusun Gandu sepanjang 180 meter, Dusun Kadipolo sepanjang 112 meter, Dusun Tampungan-Gamelan sepanjang 185 meter, dan pembangunan talud irigasi Sembung-Minggiran sepanjang kurang lebih 270 meter.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.