Sukses

Serunya Kirab Bendera Pusaka di Monas

Kirab Bendera Pusaka di Monas Digelar untuk Ketiga Kalinya (Siang)

Liputan6.com, Jakarta - Kirab bendera pusaka untuk ketiga kalinya digelar dalam rangka memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kirab dilakukan dari Museum Nasional hingga Istana Merdeka.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (17/8/2018), Fariza Putri Salsabila kembali mengemban tugas sebagai anggota Paskibraka pembawa duplikat bendera pusaka ditemani Ruth Selin Purba sebagai membawa naskah proklamasi.  

Menaiki kereta kencana Ki Jaga Raksa, keduanya dikawal puluhan orang berjalan dari monas menuju istana merdeka. Mereka adalah kelompok marching band pelajar IPDN, siswa siswi smp negeri 1 jakarta, pasukan berkuda dari Satuan Polisi Satwa dan Detasemen Kavaleri Berkuda TNI Angkatan Darat.  

Dan tak ketinggalan kelompok terakhir yang merupakan perwakilan dari 202 kerajaan, kesultanan dan kedatukan dari 34 provinsi di Indonesia.  

Tahun ini merupakan tahun ketiga kereta kencana asal Purwakarta Ki Jaga Raksa mengantarkan teks proklamasi dan bendera negara yang disimpan di museum nasional ke Istana Merdeka.  

Kirab ini menggambarkan penghormatan bendera yang dibawa oleh kerajaan dan masyarakat untuk mengikuti detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, di Istana Merdeka.  

Kirab bendera berakhir di Istana Merdeka, ditandai dengan penyerahan duplikat bendera pusaka kepada Presiden Jokowi selaku inspektur upacara. (Karlina Sintia Dewi)