Sukses

Polri: Wakapolri Pengganti Syafruddin Tak Harus Lewat Wanjakti

Kapolri Jenderal Tito Karnavian masih mengonsultasikan nama-nama yang cocok ke Presiden Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta - Jabatan Wakapolri masih kosong setelah ditinggal Komjen Syafruddin yang dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB). Hingga saat ini belum ada keputusan final terkait siapa yang akan mengisi posisi tersebut.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal mengatakan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian masih mengonsultasikan nama-nama yang cocok ke Presiden Joko Widodo.

Menurut dia, jabatan Wakapolri tak harus digodok Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

"Yang menyebut Wanjakti siapa? Tidak perlu juga dapat di-wanjakti-kan. Artinya bisa di-wanjakti-kan bisa tidak. Dikonsultasikan iya," ujar Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (16/8/2018).

Iqbal menuturkan, institusinya tidak pernah mengeluarkan nama-nama kandidat pengganti Syafruddin. Beberapa nama yang muncul di publik hanya isu biasa yang berkembang luas di masyarakat.

Dia mengatakan, Wakapolri bisa diisi oleh perwira tinggi (pati) baik dari bintang tiga, dua, bahkan satu selama kriteria yang dibutuhkan memenuhi.

"Polri organisasi besar setelah TNI, sehingga akan ditunjuk pati Polri yang kredibel, mumpuni, leadership, yang patut diteladani untuk menjalankan tugas-tugas kepolisian," ucap Iqbal.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.