Sukses

Sandiaga: Kerak Telur dan Soto Betawi Aman Disajikan saat Asian Games

Sandiaga memastikan, Asian Games yang digelar di Jakarta akan berdampak terhadap perekonomian di Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta siap menjaga keamanan dan ketersediaan makanan selama gelaran Asian Games 2018. Pemprov memastikan para atlet hingga ofisial dalam pesta olahraga setiap empat tahun sekali itu mendapatkan makanan yang aman saji.

"Jadi food safety dan food security akan menjadi hal yang sangat utama. Kita ingin tamu-tamu ini sekitar 200 sampai 300 ribu orang yang akan menyemarakkan Asian Games, baik itu atlet, ofisial, suporter dan volunteer bisa mendapatkan asupan makanan yang aman saji," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dalam acara penempelan stiker dan pemberian Sertifikat Aman Saji serta stiker BPOM Asian Games kepada pelaku usaha kuliner foodcourt, restoran, dan swalayan di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (24/7/2018).

Sandiaga memastikan, Asian Games yang digelar di Jakarta akan berdampak terhadap ekonomi di Ibu Kota. Selain itu, beberapa makanan khas Jakarta dipastikan aman untuk para atlet Asian Games 2018.

"Kita tadi disampaikan bahwa nanti rendang, nasi goreng, kerak telur, soto eBtawi juga bisa dipastikan aman saji dan bisa ditampilkan untuk pengingat para wisatawan sport tourism yang hadir di Asian Games. Saya sangat apresiasi acara ini dan kami nyatakan Jakarta siap untuk food safety," kata Sandi.

Sementara itu, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menyatakan siap untuk mendampingi pemerintah dalam pelaksanaan Asian Games 2018. Terlebih dalam penyajian pangan untuk para atlet Asian Games.

"BPOM siap untuk mendampingi pemerintah ya ini dan juga pemerintah daerah tentunya kami bermitra bekerja sama memastikan bahwa pelaksanaan dari Asian Games di DKI dan juga tentunya di tempat-tempat lain yang ada pelaksanaan venue yang sama itu aman dari aspek aman dari aspek keamanan pangan itu sangat penting sekali ya," ucap Penny.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BPOM Lakukan Pembinaan

Penny memastikan, Indonesia siap dalam melakukan penyajian makanan dalam peran pihaknya di kancah Internasional. Pihaknya juga sudah melakukan pembinaan karena sebagai bentuk kesiapan pihaknya juga sebagai bentuk harga diri Indonesia.

"Jadi nanti yang mendapatkan stiker itu adalah mereka yang sudah berproses dengan Badan POM bersama-sama dengan SKPD pemerintah Provinsi DKI Dina tentunya dan juga dimonitor Terus setelah dalam periode masa Asean Games dan paragames yang akan dilakukan," ujarnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.