Sukses

2 Isu Penting yang Dibahas Jokowi-Mahathir di Istana Bogor

Isu lain yang tak kalah penting dalam pertemuan Jokowi dan Mahathir Mohamad di Istana Bogor soal perlindungan warga negara Indonesia yang bermukim di Malaysia.

Liputan6.com, Bogor - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad bersama istri Siti Hasmah disambut Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Bogor.

Lawatan Mahathir ke Indonesia merupakan kunjungan perdananya ke negara Asia Tenggara, setelah kembali menjadi Perdana Menteri. 

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (29/6/2018), sejumlah hal dibahas dalam pertemuan Indonesia dan Malaysia. Termasuk soal kerjasama ekonomi terutama di bidang perdagangan dan investasi.

Pembahasan yang menjadi perhatian adalah kemitraan Indonesia - Malaysia adalah memperjuangkan akses pasar kelapa sawit, khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan di Uni Eropa untuk produk kelapa sawit.

Isu lain yang tak kalah penting, perlindungan warga negara Indonesia yang bermukim di Malaysia.

"Persahabatan antara kita ini dapat ditingkatkan karena ada banyak manfaat yang didapat jika Indonesia dan Malaysia bekerja sama dalam berbagai bidang. Khususnya, dalam bidang politik, ekonomi, dan hubungan antar bangsa. Saat ini perdagangan kelapa sawit mendapat tantangan dari Uni Eropa. Kita harus melawan hujah mereka," kata Mahathir Mohamad.

Sebelumnya, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Kamis, 28 Juni kemarin.

Mahathir kembali memimpin Malaysia setelah koalisi oposisi Pakatan Harapan memenangkan Pemilu Malaysia. Koalisi pilihan rakyat Malaysia ini mengusung Mahathir sebagai Perdana Menteri dan Wan Azizah yang merupakan istri Anwar Ibrahim sebagai Wakil Perdana Menteri.