Sukses

Titik Temuan Siluet Mirip Kapal di Dasar Danau Toba Kini Ditandai dengan Jangkar

Pencarian KM Sinar Bangun hari ketujuh di Danau Toba, melalui alat pendeteksi sonar multibeam, tim gabungan temukan siluet mirip kapal di kedalaman 490 meter danau.

Fokus, Simalungun - Pada pencarian hari ketujuh, tim SAR gabungan yang mencari Kapal Sinar Bangun, yang tenggelam di Danau Toba mulai menemukan titik terang. Alat pendeteksi sonar multibeam menangkap siluet yang berbentuk mirip kapal di kedalaman 490 meter.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (25/6/2018), Minggu pagi, 24 Juni kemarin, tim gabungan Basarnas, TNI dan Polri menyisir sekitar titik tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun. Selain menurunkan tiga alat pendeteksi sonar, tim gabungan juga melakukan pencarian dibantu helikopter.

Menjelang sore, tim SAR mulai mendapatkan titik tenggelamnya kapal. Kapal yang membawa alat deteksi multibeam dan side scan sonnar, menangkap obyek yang diduga adalah KM Sinar Bangun. Obyek itu terletak di bagian barat daya Danau Toba.

Kepala Basarnas, Marsekal Madya Muhammad Syaugi, menyatakan, alat pendeteksi menangkap obyek di kedalaman 490 meter barat daya dari lokasi posko gabungan sejauh 2 hingga 2,5 kilometer.

Untuk memastikan, temuan tersebut masih harus dianalisa oleh tim ahli. Tim SAR langsung menandai titik temuan dengan jangkar. Senin pagi ini, tim gabungan kembali melakukan deteksi. (Galuh Garmabrata)