Sukses

Garuda: Puncak Arus Mudik di Bandara Soetta Diprediksi Rabu Besok

Garuda Indonesia menyiapkan 160 ribu kursi untuk ekstra flight atau lebih banyak 45 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 107 ribu kursi tambahan.

Liputan6.com, Tangerang - Setelah Sabtu 9 Juni 2018 kemarin menjadi peak season pertama mudik Lebaran, besok atau Rabu 13 Juni 2018 diprediksi akan menjadi peak season kedua penumpang di Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang.

Pada peak season pertama, maskapai Garuda Indonesia mencatat, dari Jakarta saja pihaknya menampung sebanyak 30 ribu penumpang yang mudik dengan maskapai nasional tersebut.

"Peak tanggal 9 kemarin itu dari Jakarta mencapai 30 ribu penumpang, itu hanya di satu hari saja," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansyuri, Selasa (12/6/2018).

Lalu peak kedua, Pahala memprediksi akan terjadi pada Rabu 13 Juni besok. Saat itu diprediksi jumlah pemudik bisa mencapai jumlah yang sama dengan peak pertama. Sehingga bila ditotal, jumlah penumpang di arus mudik Lebaran ini mencapai 114 ribu penumpang.

Untuk menanggulangi peak season tersebut, Garuda Indonesia setidaknya menyiapkan 160 ribu kursi untuk ekstra flight. Jumlah tersebut lebih banyak 45 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya disediakan 107 ribu kursi tambahan.

Saat peak seperti itu, Pahala pun menyarankan calon penumpang memanfaatkan self check-in agar tidak ikut antrean yang diprediksi akan mengular. Sehingga, bagi penumpang yang tidak membawa bagasi, bisa langsung masuk ruang tunggu di gate.

Untuk meminimalisir antrean di peak season mudik Lebaran 2018, pengelola Bandara Soekarno Hatta memang menyediakan self check-in kiosk di Terminal 2F. Mesin ini mulai beroperasi Senin 11 Juni 2018 kemarin.

"Para penumpang menuntut kecepatan dan kepraktisan sekaligus mempermudah para pengguna jasa," ujar Erwin Revianto, Senior Manager Branch Communication and Legal, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero).

Menurut Erwin, penyediaan self check in ini adalah bentuk persiapan preventif untuk menghadapi lonjakan penumpang pada angkutan Lebaran tahun ini. Upaya ini untuk lebih memudahkan pengguna jasa dalam beraktivitas dan berbisnis.

"Kami senang pengguna jasa dapat memanfaatkan teknologi dengan tepat yang akan mendapatkan manfaat kebaikan dari penggunaan teknologi," tuturnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak untuk Semua Penumpang

Namun, pelayanan self check-ini kiosk ini belum dapat digunakan oleh para calon penumpang dengan kriteria tertentu. Seperti ibu hamil atau saat membawa bayi, penumpang dengan gerakan terbatas, penumpang dengan kebutuhan khusus, penumpang di bawah usia 16 tahun, penerbangan transfer internasional dan jumlah penumpang lebih dari satu kali pemesanan.

"Penumpang dengan kriteria ini bisa melakukan check in di konter yang juga terdapat di Terminal 2F," kata Erwin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.