Sukses

Pemkot Surabaya Siapkan Stadion Gelora Bung Tomo dan Gelora 10 Nopember Jadi Venue Piala AFF U-19

Eri bersyukur, Surabaya dipercaya kembali oleh sebagai tuan rumah pertandingan olahraga bertaraf internasional. Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut mendukung Tim Nasional (Timnas) Indonesia dalam laga Piala AFF U-19 nanti.

 

 

Liputan6.com, Surabaya - Pemkot Surabaya menyiapkan dua stadion (venue) yakni Gelora Bung Tomo (GBT) dan Stadion Gelora 10 Nopember (G10N) untuk kejuaraan Piala AFF U-19 pada 17-29 Juli 2024.

"Kita akan segera memperbaiki Stadion Gelora 10 Nopember, untuk melakukan pengecatan sekaligus tempat duduknya, karena ada beton-beton yang harus kita lapisi kembali,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Senin (13/5/2024).  

Eri bersyukur, Surabaya dipercaya kembali oleh sebagai tuan rumah pertandingan olahraga bertaraf internasional. Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut mendukung Tim Nasional (Timnas) Indonesia dalam laga Piala AFF U-19 nanti. 

Tidak hanya menjadi tuan rumah pertandingan Piala AFF U-19 saja, Surabaya juga dipercaya sebagai tuan rumah pertandingan voli Proliga 2024. Rencananya, pertandingan tersebut akan digelar di GOR Stadion GBT pada 4-7 Juli 2024. Bahkan, perhelatan olahraga mahasiswa se-ASEAN atau ASEAN University Games (AUG) ke-XXI 2024 juga bakal digelar di Surabaya.

“Alhamdulilah Surabaya semakin banyak dipercaya oleh semua pihak, karena apa? setiap ada pertandingan di Surabaya selalu penuh (penonton), ini menunjukkan bahwa Surabaya adalah kota olahraga. Juga ada event internasional untuk mahasiswa tingkat ASEAN di Surabaya, nah tuan rumahnya adalah UNESA,” ungkapnya. 

Eri Cahyadi itu mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh warga masyarakat di Kota Pahlawan. Menurutnya, tanpa ada rasa guyub rukun dan toleransi masyarakat Surabaya tidak akan bisa dan dipercaya sebagai tuan rumah pertandingan olahraga bertaraf internasional. 

“Saya matur nuwun kepada warga Surabaya, karena tanpa ada rasa kekeluargaan dan toleransi yang tinggi maka kita bisa dipercaya baik nasional maupun internasional untuk digelar di Surabaya,” ucapnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Lapangan Latihan

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Hidayat Syah mengatakan, secara keseluruhan stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala AFF U-19 siap untuk digunakan. Hanya, perlu dilakukan beberapa perbaikan minor, seperti pengecatan dan pelapisan beton bangunan. 

“Yang di Tambaksari hanya butuh pengecatan saja, kalau yang di Stadion GBT ready semua,” kata Hidayat. 

Selain menyiapkan venue, pemkot melalui Disbudporapar Surabaya juga menyiapkan lapangan latihan, seperti Lapangan Thor Gelora Pancasila, dan lapangan A, B, dan C di Stadion GBT.

“Artinya kita sudah siapkan semua, nanti kan juga ada voli Proliga. Rencananya digelar di GOR GBT,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.