Sukses

UI Jadi Kampus Terbaik di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Indonesia kembali unggul sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Peringkat ini diumumkan oleh Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking (lembaga pemeringkatan universitas di dunia) pada Rabu, 6 Juni 2018.

Berdasarkan peringkat universitas terbaik di Indonesia pada 2018-2019, Universitas Indonesia (UI) berada di peringkat pertama, menyusul di posisi kedua Institut Teknologi Bandung (ITB), lalu Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjajaran (Unpad), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), dan Universitas Brawijaya (Unibraw).

Predikat terbaik ini diraih kembali oleh UI setelah pada 2017 lalu juga berada di posisi pertama.

Sedangkan di tingkat global, UI berada di peringkat 292. Posisi yang sama diraih Beijing Normal University yang berbasis di China dan National Yang Ming University di Taiwan.

Adapun ITB harus puas berada di peringkat 359, di bawah University of Lisbon (Portugal) dan di atas University of Victoria (Kanada), sementara UGM di peringkat 391 dunia.

 

 

2 dari 2 halaman

5 Universitas Top Dunia

Adapun 5 universitas top dunia yakni peringkat pertama Massachusetts Institute of Technology (MIT), Stanford University, Harvard University, California Instutute of Technology (Caltech) dan University of Oxford. Empat universitas pertama berada di Amerika Serikat dan Oxford di Inggris.

Pemeringkatan ini berdasarkan 6 indikator yakni

1. Reputasi Akademik (40 persen).

2. Reputasi pegawai (10 persen).

3. Rasio fakultas/mahasiswa (20 persen).

4. Predikat per fakultas (20 persen).

5. Rasio internasional fakultas (5 persen).

6. Rasio internasional mahasiswa (5 persen).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: