Sukses

Jokowi: Indonesia dan India Sepakat Kerja Sama Infrastruktur

Selain itu, lanjut Jokowi, Indonesia-India juga sepakat memperkuat kerja sama di bidang kemaritiman

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Perdana Menteri India Narendra Modi, melakukan pertemuan bilateral di Istana Merdeka, Jakarta. Keduanya sepakat meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan.

"Nilai strategis Indonesia dengan India ditunjukkan dengan pembaharuan kerja sama di bidang pertahanan dan joint production dalam pembuatan water cannon yang telah dilakukan. Karena itu, kita sepakat meningkatkan kemitraan strategis kita menjadi kemitraan strategis komprehensif," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Selain itu, Indonesia-India juga sepakat memperkuat kerja sama di bidang kemaritiman dan pembangunan infrastruktur. Salah satu kawasan yang difokuskan untuk pembangunan infrastruktur yaitu Pulau Andaman di India, dan Pulau Sabang di Aceh.

"Kita sepakat memajukan kerja sama infrastruktur dan konektivitas," ucapnya.

Dalam pertemuan itu, lanjut Jokowi, kedua kepala negara sempat menyinggung kerja sama di bidang politik. Namun, Jokowi tidak menjelaskan detail isi pembicaraan yang menyangkut politik.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap peningkatan kerja sama dapat memberikan keuntungan bagi rakyat kedua negara. Serta memberikan dampak positif bagi stabilitas kawasan.

Jokowi menambahkan, di 2019 mendatang Indonesia dan India akan merayakan 70 tahun hubungan diplomatik. Di umur tujuh dekade ini, Indonesia siap menjalin kerja sama dengah India.

"Indonesia siap menjalin kerja sama yang lebih erat, lebih baik dan lebih kuat dengan India," pungkas Jokowi.

Reporter: Titin Suprihatin

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak ke Istiqlal

Presiden Jokowi mengajak Perdana Menteri India mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta. Keduanya tiba di Masjid Istiqlal pukul 13.09 WIB.

Dalam kunjungan itu, Jokowi menunjukkan beduk raksasa seberat 2,3 ton kepada Narendra Modi. Beduk itu terletak di sisi kiri Masjid Istiqlal.

Narendra Modi memukul beduk sebanyak dua kali. Setelah sebelumnya dibimbing pengurus Masjid Istiqlal terkait tata cara memukul bedug.

Setelah itu, Jokowi mengajak Narendra Modi menyusuri pelataran Masjid Istiqlal. Di sana, keduanya sempat foto bersama. Sesaat kemudian, keduanya memasuki Masjid Istiqlal.

Setelah 11 menit berkeliling, Jokowi dan Narendra Modi meninggalkan Masjid Istiqlal. Jokowi kembali ke Istana Merdeka, Jakarta untuk memimpin rapat terbatas tentang Idul Fitri 2018.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.